RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Pasundan 4 Bandung
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas : VII
Semester :
2
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Berbicara: Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan
pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon
B.
KOMPETENSI
DASAR :
Menceritakan tokoh
idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan
mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai.
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
1. Identitas tokoh idola
2. Gaya penceritaan
3. Intonasi
4. Keunggulan tokoh
D.
INDIKATOR
:
1. Kognitif
a. Produk
1) Menjelaskan mengenai tokoh idola.
2) Menyebutkan tokoh idola.
3) Menjelaskan mengenai identitas tokoh idola.
4) Mengidentifikasi keunggulan tokoh idola.
b. Proses
1) Menemukan kalimat yang mengandung informasi
mengenai identitas tokoh.
2) Menemukan kalimat yang mengandung
informasi mengenai keunggulan tokoh.
2. Psikomotor
a.
Mengemukakan identitas tokoh yang diidolakan
dengan pilihan kata yang sesuai.
b.
Mengemukakan keunggulan tokoh yang diidolakan
dengan pilihan kata yang sesuai.
c. Mengemukakan alasan yang mendasari
siswa tersebut menyukai idolanya dengan pilihan kata yang sesuai.
3. Afektif
a. Karakter
- Komunikatif
- Jujur
- Disiplin
- Kerja sama
- Bertanggung jawab
- Apresiatif
b. Keterampilan sosial
·
Bercerita
dengan bahasa yang benar dan baik.
·
Mengungkapkan
pendapat dengan bahasa yang benar dan baik.
·
Bertanya
dengan bahasa yang benar dan baik.
·
Menjadi
pendengar yang baik.
·
Membantu
teman sekelas yang mengalami kesulitan.
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Kognitif
a. Produk
1) Secara mandiri siswa dapat menjelaskan mengenai tokoh idola dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
2) Secara mandiri siswa dapat menyebutkan tokoh idolanya dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
3) Secara mandiri siswa dapat menjelaskan mengenai identitas tokoh
idolanya dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
4) Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi keunggulan tokoh idolanya dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
b. Proses
1) Siswa dapat menemukan kalimat yang
mengandung informasi mengenai identitas tokoh., yang dinilai dalam LP 2: proses.
2) Siswa dapat menemukan kalimat yang
mengandung informasi mengenai keunggulan tokoh, yang dinilai dalam LP 2:
proses.
Psikomotor
1) Siswa dapat mengemukakan identitas tokoh yang diidolakan
dengan pilihan kata yang sesuai yang dinilai dalam LP3
Psikomotor.
2) Siswa dapat mengemukakan keunggulan tokoh yang diidolakan
dengan pilihan kata yang sesuai yang dinilai dalam LP3
Psikomotor.
3) Siswa dapat mengemukakan
alasan yang mendasari siswa tersebut menyukai idolanya dengan pilihan
kata yang sesuai yang dinilai
dalam LP3 Psikomotor.
Afektif
a. Karakter
Siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti komunikatif, jujur, disiplin, kerja sama, bertanggung
jawab, dan apresiatif.
b.
Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam
pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bercerita dengan bahasa yang benar dan baik,
mengungkapkan pendapat dengan bahasa yang benar dan baik, bertanya dengan
bahasa yang benar dan baik, menjadi pendengar yang baik, dan membantu teman
sekelas yang mengalami kesulitan.
F.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model
pembelajaran : kooperatif
Metode pembelajaran : inkuiri, penugasan, pemodelan.
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Penilaian
oleh Pengamat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
A.
|
Pertemuan Pertama
Kegiatan Awal (15 menit)
1.
Apersepsi:
Memberikan salam, menyapa peserta didik, mengabsen peserta didik, dan
melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu, kemudian mengaitkannya
dengan materi yang akan diajarkan.
2.
Memberi
pemahaman pada siswa mengenai tujuan pembelajaran yang akan mereka ikuti.
3.
Menggali
pengetahuan awal siswa mengenai tokoh idola.
4.
Memberi motivasi
dengan mengajak siswa meneladani tokoh idolanya.
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
B.
|
Kegiatan Inti (55 menit)
1.
Siswa diminta untuk membaca artikel mengenai tokoh idola yang telah
ditugaskan oleh guru pada pertemuan sebelumnya.
2.
Siswa melakukan tanya jawab dengan teman
sebangkunya mengenai identitas tokoh idolanya.
3.
Siswa menentukan keunggulan tokoh idolanya
disertai alasan yang argumentatif.
4.
Siswa menyimpulkan
isi artikel yang telah dibacanya, berkaitan dengan tokoh idolanya.
5.
Tiga orang
siswa, secara bergantian diminta untuk maju ke depan untuk menceritakan tokoh
idolanya, sebagai model bagi teman-temanya.
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
C.
|
Kegiatan Akhir (10 menit)
1. Siswa diajak
menemukan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
2. Siswa diajak
melakukan refleksi, yaitu menanyakan mengenai apa yang telah dipelajari dan
apa kesulitan yang dihadapi siswa.
3. Guru menjelaskan
materi untuk pertemuan selanjutnya.
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
A.
|
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal (10 menit)
1.
Apersepsi:
Guru memberikan salam, menyapa peserta didik, mengabsen peserta didik,
dan melakukan tanya jawab mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada
pertemuan sebelumya.
2.
Siswa
diberi motivasi dengan cara diajak meceritakan mengenai tokoh idolanya dengan
bahasa yang runtun.
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
B.
|
Kegiatan Inti (60 menit)
1.
Siswa diajak melihat tayangan mengenai gaya
bercerita.
2.
Siswa
diajak membahas mengenai penampilan temannya pada pertemuan sebelumnya.
3.
Secara bergantian, siswa diminta bercerita
mengenai tokoh idolanya di muka kelas.
4.
Siswa yang lain memberikan penilaian dengan
pedoman yang telah disepakati bersama.
5.
Siswa dari kelompok yang lain diminta memberikan
penilaian terhadap ketepatan hasil simpulan yang sedang dipresentasikan.
6.
Siswa berdiskusi mengenai penampilan
teman-temannya.
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
C.
|
Kegiatan Akhir (10 menit)
1. Siswa diajak
menemukan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
2. Siswa menyampaikan kesan dengan
menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru berlangsung
sebagai kegiatan refleksi.
3. Siswa diberi penguatan terhadap simpulan dan
refleksi yang telah dilakukan.
4. Siswa diberi
informasi mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
|
|
|
|
|
H.
BAHAN
Artikel mengenai
tokoh idola, Lembar Kerja, Kertas HVS, dan Spidol.
I.
ALAT
Papan tulis, Komputer dan LCD
J.
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Lembar Kerja
2.
LP 1 = kognitif: produk
3.
LP 2 = kognitif: proses
4.
LP 3 = psikomotor
5.
LP 4 = afektif: perilaku
berkarakter
6.
LP 5 = afektif: keterampilan
sosial
7.
Tabel spesifikasi
lembar penilaian
8.
Silabus
K.
PENILAIAN
Jenis Tagihan:
§ tugas individu : menggunakan
LP 1
§ kelompok : menggunakan LP2
dan LP3, ,
LP4, dan LP5
§ (ulangan) :
lembar kerja
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ lembar pengamatan