CONTOH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama Negeri 2
Wagir
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tema/Topik : Manusia Sebagai Makhluk Sosial Pertemuan Ke : 1 dan 2
A. KOMPETENSI INTI:
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya
terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR:
1.1. Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan
segala perubahannya
2.3. Menunjukkan perilaku santun toleran
dan peduli dalam
melakukan interaksi sosial
dengan lingkungan dan
teman sebaya
3.4. Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
4.3. Menganalisis hasil observasi bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia hubungannya dengan
lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI:
1. Menjelaskan pengertian manusia sebagai
mahluk sosial dalam kehidupan sehari-hari;
2. Menggali informasi tentang
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia (hasil budaya) pada masa praaksara;
3. Menjelaskan dinamika interaksi manusiadalam pemecahan masalah pokok ekonomi;
4. Memberikan contoh dinamika interaksi manusiaterhadap lingkungan sekitar;
5. Mengidentifikasi permasalahan manusia hubungannya dengan
interaksi sosial;
6. Mengidentifikasi permasalahan manusia hubungannya dengan
sosial budaya;
7. Menganalisis permasalahan
pokok ekonomi yang
dialami manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan sehari-hari;
8. Mengevaluasi permasalahan manusia hubungannya dengan lingkungan sekitar
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH
INI KEMUDIAN ANDA AKAN TERHUBUNG KE DALAM ADFLY DAN KLIK SKIP ATAU LEWATI YANG
BERADA DI POJOK KIRI.....
atau