This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Search This Blog

Saturday 3 May 2014

KUMPULAN SOAL PREDIKSI/TRY OUT UN BAHASA INDONESIA SMP

SUMBER: www.smp1sragi.wordpress.com
soal prediksi/TRY OUT UN  bahasa indonesia smp tersebut dapat di download pada link di bawah ini berikut soal-soal prediksi/TRY OUT UN bahasa Indonesia paket lainnya....

TO PAKET 1 DOWNLOAD
TO PAKET 2 DOWNLOAD
TO PAKET 3 DOWNLOAD

TO PAKET 4 DOWNLOAD
TO PAKET 5 DOWNLOAD
TO PAKET 6 DOWNLOAD
TO PAKET 7 DOWNLOAD
TO PAKET 8 DOWNLOAD
TO PAKET 9 DOWNLOAD
TO PAKET 10 DOWNLOAD
TO PAKET 11 DOWNLOAD
TO PAKET 12 DOWNLOAD
TO PAKET 13 DOWNLOAD
TO PAKET 14 DOWNLOAD
TO PAKET 15 DOWNLOAD




1. Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2. Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3. Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke mediafire.
4. Kemudian klik link unduh/download

KUMPULAN SOAL PREDIKSI/TRY OUT UN BAHASA INDONESIA SMP









DOKUMEN NEGARA
SANGAT RAHASIA
 

UTAMA PAKET 1
 




Logo Kab
 




PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

TRY OUT UJIAN NASIONAL TAHUN 2011/2012

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
 

LEMBAR SOAL
Mata Pelajaran         :  Bahasa Indonesia
Hari/ Tanggal           :  Senin, 20 Februari 2012
Alokasi Waktu         :  120 menit
Dimulai pukul          :  08.00
Diakhiri pukul          :  10.00
           
Petunjuk Umum :
1.      Berdo’alah sebelum dan sesudah mengerjakan soal.
2.      Tulislah dahulu Identitas Anda pada lembar jawaban yang tersedia.
3.      Bacalah dengan teliti petunjuk dan cara mengerjakan soal.
4.      Laporkan kepada pengawas Ulangan apabila ada tulisan yang tidak jelas, rusak, atau kurang  jumlah lembar soalnya.
5.      Kerjakan soal yang Anda anggap paling mudah terlebih dahulu.
6.      Kerjakan pada lembar jawaban yang disediakan, dengan menggunakan pensil 2 B.
7.      Periksa kembali jawaban Anda, apabila telah selesai serahkan kepada Pengawas.

Petunjuk Khusus :
Pilihlah jawaban yang tepat dengan menghitamkan lingkaran pada huruf A, B, C atau D pada lembar jawaban yang tersedia dengan pensil 2B.

SELAMAT BEKERJA      

1.        Bacalah paragraf berikut ini!    



        Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan melarang para pelajar SMP, SMA,SMK merayakan kelulusan UN dengan menggelar konvoi dan corat-coret baju maupun tempat umum. Perayaan dengan cara konvoi akan membahayakan keselamatan jiwa siswa. Selain itu,dapat mengganggu arus lalu lintas jalan raya. Beliau mengimbau kepada para siswa untuk merayakan kelulusan UN dengan cara yang santun dan bijaksana, misalnya dengan menyumbangkan seragam sekolahnya bagi yang membutuhkan.
 
 




  


      Gagasan utama paragraf tersebut adalah...
A.      Para siswa harus menyikapi kelulusan dengan arif dan bijaksana.
B.       Seragam bekas para pelajar perlu disumbangkan bagi yang membutuhkan
C.       Konvoi kendaraan akan membahayakan keselamatan jiwa pelajar.
D.      Larangan merayakan kelulusan UN dengan melakukan konvoi dan corat-coret.

2.         Bacalah kedua teks berikut dengan saksama
     Teks 1


Keberadaan macan tutul kini diperkirakan tinggal 30 ekor. Menyusutnya jumlah macan tutul dikarenakan adanya pembalakan liar dan musnahnya habitat mereka. Akibatnya binatang tersebut terancam punah.
 
 



  




Teks 2


Populasi macan tutul semakin menipis. Sensus terakhir terhadap kucing besar paling langka di dunia itu menunjukkan hanya tiga puluhan  yang masih hidup di alam bebas. Macan tersebut dikhawatirkan akan punah. Kawasan hidup macan tutul ini menyusut akibat pembalakan liar dan hilangnya habitat mereka.
 
 






     Persamaan ide kedua artikel tersebut adalah...
A.         Tempat tinggal macan tutul                                C.   Penyebab musnahnya macan tutul
B.           Jumlah macan tutul yang masih tersisa               D.   Sensus terhadap macan tutul

3.         Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!
     Teks 1


Rounded Rectangle: Kerugian yang diderita rakyat dan perusahaan perkebunan di Riau akibat amukan gajah liar Sumatra di 342 desa dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini diperkirakan Rp 1,046 triliun per tahun. Angka ini dikeluarkan oleh World Wild Foundation (WWF) Indonesia. Rusaknya mata rantai ekosistem dan habitat gajah liar  Sumatra di Riau “memaksa” kawanan binatang berbelalai itu membuka peta “konflik” dengan manusia.
 







     Teks 2


Rounded Rectangle: World Wild Foundation (WWF) Indonesia mengemukakan bahwa kerugian yang diderita rakyat dan perusahaan perkebunan di Riau diperkirakan Rp 1,046 triliun per tahun. Kerugian tersebut disebabkan oleh amukan gajah liar Sumatra di 342 desa dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini. Hal tersebut terjadi karena rusaknya mata rantai ekosistem dan habitat gajah liar Sumatra di Riau. Akibatnya, sering terjadi serangan gajah liar ke perkebunan sawit, ladang penduduk desa, dan terkadang ke permukiman
 







   
   Perbedaan isi kedua berita tersebut adalah...
A.         Jumlah kerugian  akibat serangan gajah liar       C.   Penyebab mengamuknya gajah liar
B.         Jumlah desa yang diserang gajah liar                 D.   Sasaran serangan gajah liar

4.            Bacalah kutipan biografi berikut ini!


 Ki Hajar Dewantoro; lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 – meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun; selanjutnya disingkat sebagai "Soewardi" atau "KHD") adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda. Ia adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.
       Tanggal kelahirannya sekarang diperingati  sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Namanya diabadikan sebagai salah sebuah nama kapal perang Indonesia, KRI Ki Hajar Dewantara. Potret dirinya diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun emisi 1998.
        Ia dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno, pada 28 November 1959 (Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 305 Tahun 1959, tanggal 28 November 1959).
      Soewardi berasal dari lingkungan keluarga Keraton Yogyakarta. Ia menamatkan pendidikan dasar di ELS (Sekolah Dasar Eropa/Belanda). Kemudian sempat melanjut ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tapi tidak sampai tamat karena sakit. Kemudian ia bekerja sebagai penulis dan wartawan di beberapa surat kabar, antara lain, Sediotomo, Midden Java, De Expres, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Pada masanya, ia tergolong penulis handal. Tulisan-tulisannya komunikatif dan tajam dengan semangat antikolonial.
      Selain ulet dalam bekerja sebagai seorang wartawan muda, ia juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Sejak berdirinya Boedi Oetomo (BO) tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia (terutama Jawa) pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Kongres pertama BO di Yogyakarta juga diorganisasi olehnya.
    

 
 






















Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah ...
A.  Sebagai aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor
     pendidikan .
B.   Ia dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno,
C.   Tanggal kelahirannya sekarang diperingati  sebagai Hari Pendidikan Nasional.
D.  Potret dirinya diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun emisi 1998.


Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah ...
A.  Sebagai aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor
     pendidikan .
B.  Ia dikukuhkan sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Soekarno,
C.  Tanggal kelahirannya sekarang diperingati  sebagai Hari Pendidikan Nasional.
D.  Potret dirinya diabadikan pada uang kertas pecahan 20.000 rupiah tahun emisi 1998.
5.        Hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam biografi tersebut adalah
A.      Mendirikan Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi
B.       Ulet dalam bekerja sebagai wartawan muda dan aktif dalam organisasi sosial dan politik.
C.       Bekerja sebagai penulis dan wartawan di beberapa surat kabar dan tergolong  penulis handal
D.      Tulisan-tulisannya komunikatif dan tajam dengan semangat antikolonial.

6.                Bacalah teks iklan berikut ini!


Dijual rumah 2 lantai di Perum Bumi Wirabaru I blok K 4 luas  64/91, fasilitas sumur artetis, listrik 900 W harga 200 juta, nego (1) tanpa perantara.Berminat hub 081542379577
 
 



Penjelasan kalimat (1) yang tepat adalah ...
A.      Pembayaran rumah dapat diangsur                    C.   Harga rumah dapat tawar-menawar
B.       Pembayaran  rumah dapat potongan harga        D.   Harga rumah tidak boleh ditawar

7.               Perhatikan teks iklan berikut!


Rounded Rectangle: ONDE Serena snack  makanan  favorit 
Serena adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung beras, jagung, kedelai  dan telur.(1) Teksturnya yang lembut serta rasanya yang lezat dapat dinikmati oleh semua orang. (2) Dapat dibawa sebagai bekal sekolah dan piknik  atau dinikmati  saat bersantai di rumah. (3) Sekali mencicipi Anda akan ketagihan. (4)
 






Kalimat fakta dalam teks iklan tersebut ditandai dengan nomor…
A.    (1) dan (3)                                    C.  ( 1) dan (4)
B.     (2) dan (3)                                    D.  (3) dan (4)
.
8.        Bacalah paragraf  berikut !


          Seandainya bangsa kita mampu mengurus dan mengelola seluruh anugerah alam ini dengan baik dan benar, kita tidak akan takut jika harga minyak dunia melambung tinggi sekalipun. Kita juga tidak akan gelisah melihat bursa Asia-Pasifik rontok karena kita memiliki jiwa dan semangat juang yang kokoh.
 
 




       Simpulan paragraf terebut adalah...
A.    Bangsa kita dapat mengatasi harga minyak dunia yang melambung tinggi
B.     Bangsa kita tidak mampu mengurus dan mengelola anugerah  alam dengan baik
C.     Bangsa kita memiliki jiwa dan semangat juang yang kokoh
D.    Perdagangan bursa Asia-Pasifik  sewaktu-waktu bisa rontok.

9.       Perhatikan grafik berikut !

JUMLAH PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN SMP BUDI UTAMA
SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012
     Penjelasan yang tepat sesuai dengan isi grafik tersebut adalah  ....
A.      Jumlah pengunjung kelas VII pada bulan Agustus lebih banyak daripada bulan Oktober
B.       Jumlah pengunjung kelas IX pada bulan September dan bulan Desember sama banyaknya
C.       Jumlah pengunjung kelas VIII pada bulan September lebih banyak daripada bulan Desember.
D.      Jumlah pengunjung kelas IX paling sedikit terjadi pada bulan November.


10.       Perhatikan tabel berikut !

DAFTAR PEKERJAAN ORANG TUA SISWA SMP BINA BANGSA
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

NO
PEKERJAAN
KELAS VII
KELAS VIII
KELAS IX
1.
Petani
72
69
71
2.
Pedagang
63
68
60
3.
Buruh
72
75
77
4.
Sopir
17
20
17
5.
TNI/Polisi
8
7
6
6.
PNS
21
15
21
7.
Lain-lain
10
9
11

Simpulan isi tabel tersebut adalah....
A.      Orang tua siswa Bina Bangsa yang bekerja sebagai petani jumlahnya paling banyak sedangkan yang bekerja sebagai TNI/Polisi paling sedikit.
B.       Jumlah orang tua siswa di kelas VII yang bekerja sebagai buruh ada 70 orang,  sedangkan yang bekerja sebai PNS tidak kurang dari 21.
C.       Pekerjaan orang tua siswa paling banyak adalah buruh, sedangkan paling sedikit adalah TNI/Polisi.
D.      Orang siswa yang bekerja sebagai sopir jumlahnya hanya separuh dari yang bekerja sebagai buruh.

11.                    Text Box: Jl. NilaText Box: Jl. KakapText Box: Jl. PatinText Box: Jl. JuandaPerhatikan denah berikut !











    Renaldi akan ke Puskesmas, perjalanan yang paling efektif adalah ...
A.      Melalui Jalan Pahlawan ke timur ke Jalan Juanda, lalu ke selatan ke Puskesmas.
B.       Dari Jalan Pahlawan ke Jalan Kakap, lalu ke timur ke Jalan Antasari menuju Puskesmas
C.       Dari Jalan Pahlawan ke Jalan Nila, ke selatan ke Jalan Antasari menuju Puskesmas.
D.      Melalui Jalan Pahlawan ke barat ke Jalan Nila lalu ke Jalan Pattimura menuju Puskesmas

12.        Perhatikan bagan berikut!







Pernyataan yang sesuai dengan bagan tersebut adalah....
A.      Tabloit merupakan jenis salah satu jenis mediamassa elektronik.
B.       Mediamassa secara garis besar dibagi menjadi dua.
C.       Mediamassa elektronik terdiri atas tabloit, televisi, dan radio.
D.      Televisi merupakan mediamassa elektronik.

Perhatikan kutipan puisi berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 13 dan 14!

Kuterima nasibku
Jika Kau abaikan diriku
Kau memang berkuasa
Atas diriku yang hina
Ku tenggelam di lumpur dosa
Tiada terhitung noda dan nista
Namun kutahu
Engkau Maha Pengampun
....

13.     Tema puisi tersebut adalah ....
A.  Kekalahan                                            C.    ketegaran
B.  kepasrahan                                            d.    kegelisahan

14.         Larik bermajas pada puisi tersebut adalah
A.   Jika Kau abaikan diriku                     C.    Ku tenggelam di lumpur dosa
B.   Astas diriku yang hina                       D.   Engkau Maha Pengampun

15.    Perhatikan kutipan puisi berikut





Puisi 1

Fajar mengintip di sela birunya bukit
Semburat merah merayapi angkasa raya
Semarak di antara dedaunan hijau dan aneka bunga
Kusambut dengan luapan sukacita
Tanda syukur ke haribaan Sang Pencipta
 


Puisi 2

Jadilah kau bunga
yang tumbuh pada setiap hati
yang tegar walau dalam belukar
tumbuhlah,
berkembanglah,
di mana pun engkau ditaburkan
 

 









       Perbedaan pesan kedua puisi tersebut adalah....

Puisi 1
Puisi 2
A.
Lestarikan keindahan alam
Sayangilah bunga
B.
Sambutlah segalanya dengan suka cita
Rawatlah tanaman dengan hati-hati
C.
Nikmatilah keindahan alam.
Bersikaplah tegar dan ceria
D.
Syukurilah segala karunia Tuhan
Jadilah manusia berguna dan selalu tegar.

16.           Bacalah kutipan cerpen berikut ini!



Jam bekerku berbunyi pelan, tetapi sepelan-pelannya jam beker tetap saja mengganggu. Suara azan telah menggema, angin pagi menyapa kehadiranku di bumi ini sekali lagi.
Ketakutanku memenuhi diriku, jangan-jangan keputusan itu benar-benar nyata. Keberanianku muncul juga, aku membuka mataku dengan agak ragu, lebih lebar, lebih lebar, lebar hingga mataku melotot. Benar-benar tak ada cahaya, sama sekali tak ada sinar yang bisa ditangkap retina, apakah ketentuan itu benar-benar terjadi? Aku semakin frustasi mengingat mimpiku tadi.
 “Tuhan tolong hapuskan ketentuan itu!” kataku lemas.

 
 










Konflik dalam penggalan cerpen tersebut adalah …
A.          tokoh aku terganggu jam beker hingga terjaga dari tidurnya
B.           tokoh aku tidak berani membuka mata saat pagi telah datang
C.           tokoh aku tidak dapat mengambil keputusan dalam mimpinya
D.          tokoh aku ketakutan pada sebuah keputusan dalam mimpinya

17.           Latar cerpen tersebut adalah…
A.         pagi disaat subuh                                  C.    malam ketika bermimpi
B.          pagi menjulang subuh                           D.   pagi disaat keberanian muncul

18.           Bacalah kutipan cerita berikut!


Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah kupercaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang itu “ I miss you?” yang dua kali kau sampaikan padaku. Sampai kapan pun kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu. Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.

 
 







           Cara pengarang menggambarkan watak tokoh kamu yang pembohong dapat diketahui melalui …
A.         tingkah laku tokoh kamu                          C.    dialog tokoh kamu
B.          tingkah laku tokoh aku                             D.   dialog tokoh aku

19.        Amanat cerita tersebut adalah…
A.    dalam hidup kita harus selalu berusaha
B.     jangan mudah percaya dengan janji-janji manis
C.     jangan cepat menyerah
D.    jangan cepat putus asa menghadapi masalah

20.           Perhatikan kutipan cerita berikut!


            Bel tanda masuk kelas telah terdengar. Anak-anak berbaris di depan kelasnya masing-masing. (1) Wirawan yang biasanya suka mengganggu temannya, kali ini tidak bernafsu untuk meributkan suasana. (2) Mata Wirawan memandang ke ruang guru. (3) Ia berharap Ibu Septi segera keluar dari kantor membawa setumpuk buku. (4)
 
 






            Bukti tokoh Wirawan suka jahil terdapat pada bagian …
A.             1                                                 C.     3
B.              2                                                 D.     4

21.           Konflik yang terjadi dalam penggalan cerpen tersebut adalah …
A.             kebiasaan Wirawan yang suka mengganggu temannya
B.              kegelisahan Wirawan menanti gurunya
C.              kedatangan Ibu Septi yang ditunggu-tunggu
D.             keadaan kelas yang tertib dan berbaris rapi

          Senin malam Bang Sholeh berjualan gorengan di pinggir jalan raya Pantura.
(1)     Rudi                       :    Baru kelihatan, Bang? ( mendekati bang Sholeh yang sedang menggoreng                            tempe    dagangannya) 
(2)      Bang Sholeh         :    Ya, seminggu libur. ( asyik membolak-balikkan tempe di   penggorengannya)
(3)     Salmin                    :    Emang ke mana, Bang? ( menimpali pertamyaan Rudi)
(4)     Bang Sholeh          :    Nggak ada minyak tanah.
(5)     Rudi                       :    Lho, nggak dapat tabung gas gratis, Bang?
(6)     Bang Sholeh          :    Dapat sih. Tapi kan harus beli kompornya. Lagian beli gas kan nggak bisa                     diecer seperti minyak tanah. ( Lelaki berusia 50 tahun itu sedikit kesal)
(7)     Salmin                    :    Terus tabung gasnya di ke manakan Bang?.
(8)     Bang Sholeh          :    Sudah dijual kiloan ke tukang rongsok buat beli minyak tanah,Dik ( acuh tak                        acuh)

22.     Suasana dalam drama tersebut ...
A.  Menyenangkan                                                     C.   memprihatinkan
B.   mengharukan                                                        D.   menggembirakan

23.    Latar dalam kutipan drama tersebut adalah ...
A.         di pinggir jalan raya pantura malam hari            C.   di pinggir jala raya pukul sepuluh malam
B.       di depan rumah pada suatu malam                     D.  di sebuah jalan pada malam hari

24.    Bacalah Ilustrasi berikut ini !


Text Box: Susilawati mendapat tugas mewakili sekolahnya mengikuti lomba Baris Berbaris. Awalnya berjalan lancar. Dia tidak pernah salah dalam menjalankan aba-aba. Tetapi ketika ada aba-aba hormat bendera, dia lupa menghormat. Akibatnya ditertawakan penonton. Dia malu sekaligus takut.
 




Kalimat catatan buku harian yang sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A.         Kami bertugas mewakili sekolah kami mengikuti lomba baris berbaris. Awalnya  kami ikuti  dengan lancar tanpa ada kesalahan. Tetapi ketika ada aba-aba hormat bendera kami lupa tidak melakukan aba-aba itu. Penonton pun riuh menertawakannya. kami malu bercampur  senang.
A.         Kita bertugas mewakili sekolahku mengikuti lomba baris berbaris. Awalnya  kita ikuti dengan lancar tanpa ada kesalahan. Tetapi ketika ada aba-aba hormat bendera kita lupa tidak   melakukan aba-aba itu. Penonton pun riuh menertawakannya. 
C.         Aku bertugas mewakili sekolahku mengikuti lomba baris berbaris. Awalnya kuikuti dengan lancar tanpa ada kesalahan. Tetapi ketika ada aba-aba hormat bendera aku lupa tidak  melakukan aba-aba itu. Penonton pun riuh menertawakannya. Aku malu bercampur takut.
D.         Lomba baris berbaris di sekolahku berjalan lancar. Aku dan teman-teman sekelasku mendapat tugas mengikuti lomba itu. Aku kebagian sebagai komandan.  awalnya aku tidak malu. Tetapi ketika bendera di depanku aku lupa member aba-aba. Jadi aku malu sekali.

25.    Perhatikan kalimat-kalimat laporan berikut!
       1. Hiburan rakyat ini bermacam-macam seperti panjat pinang, lomba makan kerupuk, lomba balap karung, dan sebagainya.
       2.  Bahkan kegiatan ini sampai di tingkat RW dan RT meskipun memerlukan dana yang tidak sedikit.
       3.  Adapun dana untuk kegiatan ini dipungut secara sukarela dari warga setempat.
       4. Dalam rangka memeriahkan HUT RI, di setiap desa diadakan berbagai hiburan rakyat.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi sebuah laporan yang baik dengan susunan…
A.   3 – 4 – 2 – 1                                         C.    1 – 2 – 4 – 3
B.   4 – 1 – 3 – 2                                         D.   2 – 3 – 4 – 1

26. Perhatikan kalimat ilustras  berikut!
Libur akhir tahun pelajaran 2010/2011 dimulai tanggal 20 Juni sampai dengan 8 Juli 2011. Informasi libur ini disampaikan kepada seluruh siswa melalui pengumuman tertulis.
 

      


Kalimat pengumuman yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
A.   Para siswa silakan berlibur mulai tanggal 20 Juni sampai dengan 8 Juli 2011.
B.   Liburan mulai tanggal 20 Juni sampai dengan 8 Juli dan para siswa harap berlibur.
D.   Dengan ini diumumkan kepada seluruh siswa bahwa libur mulai tanggal 20 Juni sampai dengan 8 Juli 2011.

27. Perhatikan data buku berikut!
No
Data
Uraian
1
Judul
Sound of Aida
2
Pengarang
Aldeka Kamilia Mufidah
3
Penerbit
DAR! Mizan
4
Tahun
2011
5
Kota
Bandung
6
Kelemahan
Ketidaksesuaian antara judul buku dan judul yang diberikan penulis
7
Keunggulan
Cerita yang menarik, mengajak remaja mencintai gamelan

Paragraf resensi yang sesuai dengan data tersebut adalah…
A.   Buku yang dikarang oleh Aldeka Kamilia Mufidah ini termasuk cerita remaja yang menarik. Buku ini diterbitkan DAR! Mizan, tahun 2011. Dunia remaja penuh warna digambarkan dengan rinci. Antara judul buku dan penjelasan dari pengarangnya ada ketidaksesuaian.
B.   Buku yang bercerita tentang sisi dunia remaja ini dikarang oleh Aldeka Kamilia Mufidah. Buku ini diterbitkan di Bandung oleh penerbit DAR! Mizan tahun 2011. Dunia remaja dilukiskan dengan amat menarik. Ceritanya pun sangat mudah dipahami. Istimewanya lagi, buku ini mencoba menggiring para remaja untuk mencintai gamelan sebagai salah satu alat kesenian tradisional bangsa. Hanya saja ada sedikit yang mengganjal dan membuat kita bertanya-tanya, karena antara judul buku dan judul yang diberikan oleh penulisnya  sepertinya terdapat ketidaksesuaian.
C.   Buku ini mengungkapkan sisi dunia remaja. Judul buku yang diterbitkan oleh penerbit DAR! Mizan Bandung tahun 2011 ini tidak sesuai dengan yang diinginkan pengarangnya. Walaupun ada keinginan mengajak agar remaja mencintai alat kesenian gamelan tetapi ceritanya kurang menarik. Hal ini diperparah lagi dengan judulnya yang berbau barat.
D.   Banyak dijumpai buku yang bercerita tentang dunia remaja, tapi buku yang dikarang Aldeka Kamilia Mufidah agak berbeda. Membaca bukunya seolah-olah kita berada di dunia remaja penuh warna. Buku yang diterbitkan DAR! Mizan ini sudah habis terjual sejak tahun 2011. Memang buku ini tidak cacatnya.

28.   
Menjelang lebaran tiba, Anita berencana pulang kampung dan mengadakan reuni dengan empat temannya yang dulu bersekolah di SMP yang sama. Dalam reuni itu ia akan mengajak teman-temannya mengunjungi Pak Karmin, penjaga sekolah, dan memberikan bantuan ala kadarya. Anita menyurati Nana dan berpesan agar menghubungi teman-temannya.
 
Perhatikan ilustrasi berikut !
        




Isi surat pribadi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah….
A.      Salam kangen,
               Hai Nana, gimana kabarmu? Harapanku semoga baik-baik saja, seperti juga diriku.
              Na, menjelang lebaran nanti kamu tidak kemana-mana kan? Aku berencana mau pulang kampung dan mengadakan reuni dengan teman-teman. Nanti kita mengunjungi Pak Karmin, penjaga sekolah di SMP kita dulu. Kita akan memberikan bantuan ala kadarnya. Kamu setuju kan? O ya, jangan lupa, hubungi juga teman-teman lainnya ya.

B.      Salam kangen,
              Hai Anita, gimana kabarmu? Harapanku semoga baik-baik saja, seperti juga diriku.
              Ta, menjelang lebaran nanti kamu tidak kemana-mana kan? Aku berencana mau pulang kampung dan mengadakan reuni dengan teman-teman sambil memberikan bantuan kepada penjaga SMP kita.

C.      Salam rindu,
              Na, gimana kabarmu? Semoga selalu sehat dan dilindungi Yang Kuasa.
              O ya, saat lebaran nanti kamu tidak kemana-mana kan? Aku berencana mau pulang kampung dan mengadakan reuni dengan teman-teman. Nanti kita mengunjungi Pak Karmin, kepala sekolah di SMP kita dulu. Kita akan memberikan bantuan ala kadarnya. Jangan lupa, hubungi juga teman-teman lainnya ya

D.      Mudah-mudahan saja lebaran nanti kamu tidak kemana-mana, Na. Aku mau pulang kampung dan berencana mengadakan reuni dengan teman-teman. Kemudian kita ke tempat Pak Karmin. Kamu setuju kan?

29.    Perhatikan surat berikut !
                 ... kami mengundang Saudara pada
                      hari, tanggal            :   Sabtu, 27 Januari 2011
                      waktu                     :   Pukul 08.00
                      tempat                     :   SMP Tunas Bangsa
                      acara                        :   Rapat Koordinasi
                    (2) ...                                     
                                                                                                  Ketua
                                                                                              Nur Wijaya
 

      
                                                                                     





       Penutup surat pada bagian yang rumpang (2) adalah ...
       A.   Atas perhatian Bapak kami sampaikan terima kasih.
       B.    Atas perhatian dan kehadirannya kami sampaikan terima kasih.
       C.    Sebelum dan sesudahnya kami sampaikan terima kasih.
       D.   Atas perhatian Saudara kami sampaikan terima kasih.

30.    Perhatikan ilustrasi berikut!
Sampah sering dibuang ke selokan air. Beberapa kali terjadi banjir, apalagi saat musim hujan. Perhatian dari pihak kelurahan tidak ada.
 

      

       Kalimat surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
A.   Kami warga yang tinggal di pinggir kali sangat resah. Sampah dibuang sembarangan sehingga menutupi kali dan menjadikan banjir. Mohon untuk ditanggulangi.
B.   Musim hujan kali ini rumah kami sering kebanjiran. Mohon pihak kelurahan memperbaiki saluran air.
C.   Sebagai warga kami terus terang merasa resah, karena kurangnya kesadaran warga dalam membuang sampah. Sampah yang dibuang di selokan telah menyebabkan banjir, apalagi di saat musim hujan ini. Oleh karena itu, mohon kiranya pihak kelurahan memberikan penyuluhan kepada warga.
D.   Kami sungguh tidak bisa memahami, mengapa warga tidak peduli dengan kebersihan. Sampah dibuang ke selokan telah menyebabkan banjir. Untuk itu pihak kelurahan harus peduli.

31.    Perhatikan kalimat-kalimat laporan berikut!
1.         Udara saat itu bersuhu 30C.
2.         Kami melakukan perjalanan mendaki gunung pada ketinggian 9.666 kaki.
3.         Saat kami menuruni gunung, hujan salju yang indah mulai turun.
4.         Maklum,  orang dari kawasan tropis baru melihat salju yang tampak lucu.
5.         Tak lupa kami saling berfoto untuk kenang-kenangan.
       Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi sebuah laporan yang baik dengan susunan…
       A.   1 – 3 – 5 – 4 – 2                                 C.   3 – 5 – 1 – 2 – 4
       B.    2 – 1 – 3 – 5 – 4                                 D.   4 – 2 – 5 – 1 – 3

32.     Bacalah paragraph berikut!
Batuk sebenarnya bukan penyakit refleks karena mengalami rangsangan udara dari polusi, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat terjadi kerena saluran pernapasan atau paru-paru terkena infeksi kuman. Udara dingin atau lembab dapat juga membuat orang batuk atau bersin. Obat batuk yang dijual di pasaran umumnya terdiri atas campuran obat yang mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernapasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu. Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah .  .  .  .
A.    Penyakit batuk dikarenakan rangsangan yang tidak  berpolusi asap rokok, gas yang merangsang atau kekurangan udara retinfeksi, maka harus diobati dengan ekspektoran.
B.     Pengaruh batuk itu terjadi karena asap pabrik, asap rokok, udara yang berpolusi sehingga saluran paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut dapat dibeli di pasar bebas.
C.     Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas, kekurangan udara. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran.
D.    Terjadinya penyakit batuk karena polusi udara, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, kekurangan udara. Namun, semua dapat diobati dengan obat-obatan alternative yang dijual di pasaran bebas.

33.     Perhatikan ilustrasi berikut !
Akibat bencana alam semalam, banyak bangunan hancur, sedangkan masyarakat sekitar bergotong royong bahu membahu.
Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah .  .  .  .
A.    Sebuah truk trailer menabrak beberapa rumah. Truk trailer yang mengalami rem blong itu dikemudikan oleh seorang pemuda yang tambun. Dalam kecelakaan itu tidak ada korban jiwa. Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.
B.     Musim kemarau panjang menyebabkan beberapa bangunan di sebuah permukiman terbakar. Kebakaran sebagian besar disebabkan karena terjadi arus pendek pada listrik. Anak-anak dan masyarakat membersihkan sisa-sisa kebakaran.
C.     Hujan deras mengguyur Provinsi Jawa Tengah bagian selatan. Beberapa bangunan pemerintah, sekolah dan rumah penduduk porak poranda. Bahkan Pemda setempat meliburkan anak sekolah. Genangan air hingga sebatas lutut orang dewasa.
D.    Angin puting beliung melanda beberapa kota di Jawa Tengah. Kerusakan paling parah terjadi di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Beberapa rumah dan toko hancur berantakan. Masyarakat membersihkan puing-puing rumah.

34.     Bacalah ilustrasi berikut!
Dinas Pendidikan sebuah kabupaten merasa prihatin atas merebaknya kasus perkelahian antarpelajar. Untuk meminimalkan kasus tersebut, lembaga itu memasang slogan antikekerasan di berbagai tempat yang strategis.

Slogan yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah .  .  .  .
A.    Di pundakmulah nama bangsa dipertaruhkan, gelorakan semangat juangmu.
B.     Pemuda itu berdarah muda, jangan mundur walau selangkah, maju terus.
C.     Persatuan awal perdamain bangsa, pertikaianmu awal kehancuran bangsa.
D.    Lebih baik mengalah, walaupun almamater terhina, namun hanya sementara.

35.     Bacalah ilustrasi berikut ini!
Perusahaan Prima bergerak di bidang usaha jual beli peralatan kantor dan bank. Perusahaan itu ingin mengiklankan jenis barang berupa komputer, printer, kalkulator, dan mesin hitung uang. Alamat kantor tersebut berada di Jalan Darmawangsa Kebayoran baru, dengan nomor telepon 021-7397658, 7202520. Dapat menghubungi Ibu Susi.

Iklan baris berdasarkan ilustrasi tersebut adalah .  .  .  .
A.    Prima jual-beli alat ktr & bnk: komputer, printer, kalkulator, msn hitung uang, Hub. Susi 021-7397658, 7202520.
B.     Prima usaha bergerak jual-beli peralatan kantor dan bank. Jalan Darmawangsa Kebayoran baru. Segera hubungi 021-7397658, 7202520.
C.     Prims usaha jual cepat komputer, printer, hubungi Ibu Susi Jalan Darmawangsa Kebayoran baru.
D.    Hubungi 021-7397658, 7202520 pada prima usaha. Anda akan mendapatkan kalkulator, komputer, dan printer secara cuma-cuma.

36.     Perhatikan kutipan petunjuk berikut !
Jika anda berada dalam bangunan bertingkat setelah terjadi kebakaran dan masih sadar :
(1)   Jangan panik berlebihan.
(2)   [ ….]
(3)   Jauhi bangunan agar terhindar dari bahaya reruntuhan.
(4)   Mintalah pertolongan apabila Anda terluka untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Dengan petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat .  .  .  .
A.    Carilah jalan untuk keluar secepatnya dan amankan dari bahaya kebakaran.
B.     Cari pintu keluar, gunakan tangga untuk mempercepat waktu ke luar ruang.
C.     Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa agar cepat.
D.    Cari pertolongan dengan segera agar tidak terjebak di dalam gedung, api semakin besar.
37.     Cara memakai bedak dingin :
1).  Bersihkan wajah dengan air hangat!
2).  Kemudian ambil 2-3 butir bedak dingin dan letakkan di telapak tangan!
3).  Keringkan dengan handuk lembut!
4).  Ratakan bedak agar tidak terlihat coreng moreng!
5).  Lumatkan bedak dingin dengan bantuan air mawar atau air dingin!           
6).  Setelah itu oleskan pada wajah dan leher sampai mengering!

Urutan petunjuk berdasarkan petunjuk yang tepat adalah .  .  .  .
A.    (1), (3), (2), (5), (6), (4)
B.     (1), (3), (4), (5), (6), (2)
C.     (1), (2), (6), (5), (3), (4)
D.    (1), (2). (3), (4), (5), (6)

38.    Bapak/ibu dan orang tua siswa kelas VII, VIII, dan IX khususnya, terima kasih atas kehadiran bapak/ibu pada acara perpisahan anak-anak kelas IX tahun 2011.
Perbaikan teks pidato tersebut yang tepat adalah …
A.    Bapak/Ibu dan Orang Tua Siswa kelas VII, VIII, dan IX khususnya, terima kasih atas kehadiran bapak/ibu pada acara perpisahan anak-anak kelas IX tahun 2011.
B.     Bapak/ibu dan orang tua siswa kelas VII, VIII, dan IX khususnya, terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu pada acara perpisahan anak-anak kelas IX tahun 2011.
C.     Bapak/Ibu dan orang tua siswa kelas VII, VIII, dan IX khususnya, terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu pada acara perpisahan anak-anak kelas IX tahun 2011.
D.    Bapak/ibu dan Orang Tua siswa kelas VII, VIII, dan IX khususnya, terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu pada acara perpisahan anak-anak kelas IX tahun 2011.

39.  SMP Tunas Bangsa mengadakan pelepasan kelas IX. Kepala sekolah memberikan pidato pada acara tersebut. Tema pidatonya adalah seputar pendidikan yang bermutu.
Isi teks yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
A.    Pendidikan bermutu adalah pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai moral dan kemanusiaan disamping pengembangan intelektual. Oleh karena itu, janganlah sampai salah memilih sekolah lanjutan setelah tamat SMP. Mutu sebuah sekolah ditopang pula oleh kemampuan SDM, manajemen, sarana dan prasarana, serta kemampuan teknologi informasi.
B.     Jangan asal pilih sekolah. Pilihlah sekolah yang favorit. Dengan demikian gengsi kita pun akan meningkat. Kita akan dihormati orang lain karena bersekolah di sekolah favorit. Sekolah favorit adalah sekolah yang dibanggakan oleh semua orang.
C.     Sekolah bermutu adalah sekolah yang fasilitasnya lengkap dan mahal. Bagi kalian yang mampu dapat melanjutkan ke sekolah tersebut tetapi bagi yang kurang mampu cukup bersekolah di sekolah biasa.
D.    Sekolah asal-asalan jangan dipilih. Pilih sekolah yang mahal. Membayar mahal bukanlah masalah bagi orang tua yang mampu walaupun sarana dan prasarananya kurang lengkap.

40.  Tema karya ilmiah: Pengaruh lingkungan keluarga terhadap pola tingkah anak di sekolah
Rumusan masalah yang tepat berdasarkan tema tersebut adalah …
A.    Bagaimana pengaruh pola tingkah anak di sekolah terhadap lingkungan?
B.     Bagaimana lingkungan keluarga mempengaruhi pola tingkah anak di sekolah?
C.     Bagaimana pengaruh lingkungan keluarga terhadap pola tingkah anak di sekolah?
D.    Bagaimana pengaruh sekolah terhadap pola tingkah laku anak di lingkungan keluarga?
                                          
41.  Lembaga Kesehatan Masyarakat Finlandia telah melaksanakan riset selama 25 tahun terhadap kebiasaan makan hampir 10.000 penduduk. Orang-orang yang paling banyak makan buah-buahan dan sayuran segar beresiko paling kecil terhadap semua penyakit. Contohnya penduduk yang menghabiskan  lebih banyak buah apel resikonya mengidap penyakit kronis seperti kanker paru-paru merosot 20-60 persen.
Saran berdasarkan karya ilmiah tersebut adalah …
A.    Jangan makan buah-buahan dan sayuran segar karena bereriko paling kecil mengidap penyakit kanker paru-paru.
B.     Buah apel dan sayuran segar selama 25 tahun banyak dikonsumsi oleh masyarakat Finlandia.
C.     Hendaknya kita mengonsumsi bual apel setiap hari untuk mengurangi resiko penyakit kronis.
D.    Menghabiskan lebih banyak buah apel resikonya mengidap penyakit kronis seperti kanker paru-paru.

42.  Perhatikan kalimat berikut!
ir dicky prabowo bercita-cita menjadi profesor
Perbaikan  penulisan kalimat tersebut yang benar adalah…
A.    Ir. Dicky Prabowo bercita-cita menjadi profesor.
B.     Ir. Dicky prabowo bercita-cita menjadi profesor.
C.     Ir. Dicky Prabowo bercita-cita menjadi Profesor
D.    Ir. dicky prabowo bercita-cita menjadi Profesor

43.  Perhatikan kalimat berikut!
saya akan mengerjakan soal bahasa indonesia dengan sungguh sungguh kata qorina kepada ayahnya
Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah …
A.    Saya akan mengerjakan soal bahasa Indonesia dengan sungguh-sungguh kata Qorina kepada ayahnya.
B.     Saya akan mengerjakan soal Bahasa Indonesia dengan sungguh-sungguh kata Qorina kepada ayahnya.
C.     “Saya akan mengerjakan soal bahasa Indonesia dengan sungguh-sungguh,” kata Qorina kepada ayahnya.
D.    “Saya akan mengerjakan soal bahasa Indonesia dengan sungguh-sungguh kata Qorina kepada ayahnya.”

44.  Perhatikan kalimat berikutt!
Belajar adalah merupakan suatu kewajiban yang paling utama bagi seorang pelajar.
Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah …
A.    Belajar adalah suatu kewajiban yang paling utama bagi pelajar.
B.     Belajar adalah suatu kewajiban yang paling utama bagi seorang pelajar.
C.     Belajar kewajiban yang paling utama bagi pelajar.
D.    Belajar merupakan kewajiban utama bagi pelajar.

45.         Perhatikan pantun rumpang berikut
(1) Jalan-jalan ke kota Purwodadi
(2) […]
(3) […]
(4) kalau tidak akan menjadi hina

  Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah…
A.    (2) singgah sebentar di Bledug Kuwu
(3) Jadi teman harus baik hati
B.     (2) jangan lupa membeli duku
(3) Jadi anak harus berbakti ibu dan bapak
C.     (2) jangan lupa singgah di Simpang Lima
(3) Jadi orang harus tahu balas budi
D.    (2) singgah sebentar di kota Demak
(3) Jadi orang janganlah tamak

46.        Perhatikan puisi rumpang berikut
             
                  Dalam Sakit
telah berbulan terbaring di ranjang
rabuku meradang
selalu diri […](1) kesendatan hidup
untung jantung tetap berdegup
dalam […](2) di senja gerimis
kaunasihati aku berhenti menulis
Kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah…
A.  (1) ditempa, (2) melirik
B.  (1) ditepis, (2) sekejap
C.  (1) dibuai, (2) sejenak
D.  (1) didera, (2) menengok

47.     Ilustrasi:  Malam itu Tini duduk di teras rumahnya. Dia teringat Dini,sahabatnya yang sudah pindah ke Padang. Mereka selalu bersama dalam suka dan duka. Hampir tiap bulan Dini berkirim kabar kepada Tini.

       Puisi yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
A.      untung tak bisa diraih                                               C.        tak ada kata yang terucap
malang tak bisa ditolak                                                         dari lubuk hati nan dalam
pertemuan dan perpisahan                                        tuk menghiasi indahnya harimu
pasangan dalam setiap kehidupan                            hanya doa kuhaturkan untukmu

B.   tiada mutiara sebening cinta                         D.        dinginnya malam menemani hatiku
     tiada sutra sehalus kasih saying                                terselimuti kesedihan dan kerinduan
     tiada embun sesuci ketulusan hati                            jalan khayalku membumbung
     tiada hubungan seindah persahabatan                      walau kucoba melupakanmu

48.     Perhatikan kutipan naskah drama berikut
(1) Ibu        : “Coba kamu ingat-ingat, di mana gelang perhiasan itu terjatuh, Dini?” (mendekati sambil mengusap pundak Dini).
       (2) Dini       : “Aku kan tidak sengaja, Bu! (menepis lengan Ibu dan menatapnya dengan tajam)
       (3) Ibu        : “Kamu tahu bukan, kalau perhiasan itu pemberian ayahmu sebelum wafat.”(menarik nafas dalam)
       (4) Dini       : “Ya, aku ingat, Bu!” (menundukkan kepala)
(5) Ibu        : “Ibu melarangmu memakainya ke sekolah, mengapa kamu diam-diam memakainya?”
       (6) Dini       : “Maafkan Dini, Bu” (memeluk ibu)
       (7) Ibu        : “Bukan soal harganya, Dini. Tetapi benda itu akan mengingatkan ibu ketika kita bersama-sama ayahmu. Itu yang tak ternilai harganya.” (memeluk Dini)

       Perbaikan petunjuk laku dialog (2) kutipan naskah drama tersebut adalah…
       A. menepis lengan Ibu dan menangis sesenggukan
       B. menepis lengan Ibu dan meninggalkan ruangan
       C. menepis lengan Ibu dan menjawab dengan sangat sinis
       D. menepis lengan Ibu dan menjawab dengan nada tinggi

49.    Perhatikan kutipan cerpen berikut
       Dengan mata sedikit mengantuk, Pak Yudi membukakan pintu untuk tamunya.                       
“ Maaf, Pak, malam-malam begini saya menggangu tidur Bapak!”
       “Oh, Pak Ali. Ada apa? Apa yang perlu saya bantu?”
       Pak  Yudi cepat menanggapi.
       “Ini Pak, ban motor saya bocor, sedang Bibi Mimin demam. Badannya panas dan perlu ke dokter,” lanjut Pak Ali. Langsung saja Pak Yudi tanggap akan maksud Pak Ali. Sifat kedermawanannya pun muncul kembali. Pak Yudi mengambil motornya.  “ Pakai ini saja dan segera antar Bibi Mimin” tukas Pak Yudi.“Terima kasih, Pak.”

       Naskah drama yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah…   

       A.  Pak Ali           :   (mengetuk pintu)
Pak Yudi        :   (dengan mata mengantuk membukakan pintu)”Siapa, ya?”
Pak Ali            :   “Maaf, Pak. Malam-malam begini saya mengganggu tidur Bapak!”
Pak Yudi        :   “Oh, Pak Ali. Ada apa? Apa perlu saya bantu?”(dengan ramah)
Pak Ali            :  “Ini Pak, ban motor saya bocor, sedang Bibi Mimin demam. Badannya panas perlu ke dokter.”
Pak Yudi        :   (bergegas mengambil motor) “Pakai ini saja dan segera antar Bibi Mimin.”
Pak Ali            :  (dengan suara merendah) “Terima kasih,Pak.”

       B. Pak Ali            :   (mengetuk pintu)
Pak Yudi        :   (dengan mata mengantuk membukakan pintu)”Siapa, ya?”
Pak Ali            :   “Maaf, Pak. Malam-malam begini saya mengganggu tidur Bapak!”
Pak Yudi        :   “Oh, Pak Ali. Ada apa? Apa perlu saya bantu?”(dengan ramah)
Pak Ali            :  “Ini Pak, ban motor saya bocor, sedang anak Bibi Mimin demam. Badannya panas perlu ke dokter.”
Pak Yudi        :   (bergegas mengambil motor) “Pakai ini saja dan segera antar Bibi Mimin.”
Pak Ali            :  (dengan suara merendah) “Terima kasih,Pak.”

       C.  Pak Ali           :   (mengetuk pintu)
Pak Yudi        :   (dengan mata mengantuk membukakan pintu)”Siapa, ya?”
Pak Ali            :   “Maaf, Pak. Malam-malam begini saya mengganggu tidur Bapak!”
Pak Yudi        :   “Oh, Pak Ali. Ada apa? Apa perlu saya bantu?”
Pak Ali            :  “Ini Pak, saya mau pinjam motor, suami Bibi Mimin demam. Badannya panas perlu ke dokter.”
Pak Yudi        :   (bergegas mengambil motor) “Pakai ini saja dan segera antar Bibi Mimin.”
Pak Ali            :  (dengan suara merendah) “Terima kasih,Pak.”

      D.  Pak Ali            :   (mengetuk pintu)
Pak Yudi        :   (dengan mata mengantuk membukakan pintu)”Siapa, ya?”
Pak Ali            :   “Maaf, Pak. Malam-malam begini saya mengganggu tidur Bapak!”
Pak Yudi        :   “Oh, Pak Ali. Ada apa? Jelas mengganggu kan?”
Pak Ali            :  “Ini Pak, ban motor saya bocor, sedang Bibi Mimin demam. Badannya panas perlu ke dokter.”
Pak Yudi        :   ( mengambil motor) “Pakai ini saja tetapi segera kembalikan dan segera antar Bibi Mimin.”
Pak Ali            :  (dengan suara merendah) “Terima kasih,Pak.”           

50.     Perhatikan kutipan naskah drama berikut
(1) Jati      : (muncul, heran melihat situasi itu, kemudian marah kepada Inu)  
     “Inu! Kauapakan mereka?”
(2) Inu      : “Tenang, Jati. Tidak ada apa-apa!”
(3) Jati      : “Enak saja! Senang, ya, dapat membuat orang lain menangis?”
(4) Inu      : “Hei, bukan aku penyebabnya, Jati!” (tertawa)
(5) Jati      :“Kamu mampu tertawa sementara ketiga sahabatmu menangis duka. Di mana perasaanmu, Inu?”
(6) Inu      : “Jati, apakah setiap tangis itu duka?”
(7) Jati      : “Tetapi mereka jelas nampak menderita!”
(8) Inu      : (tertawa) “Tampak menderita tidak sama dengan nyata menderita!”
(9) Jati      : […]
(10) Inu      : “Ampun, Jati! Sabar, Jati! Nih, baca”.  (memberikan selembar kertas)
    (11) Jati       : (dengan segan menerima, kemudiam tertegun ketika membacanya)
                   “Maaf, kami sedang latihan akting menangis, jangan ganggu, ya!? Trim’s!”
  “Sudah! Selesai! Hentikan latihan ini!”

Dialog yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah…
A.    “Inu, mengapa Kau tega berbuat seperti itu dengan teman sekelasmu itu?”
B.   “Tidak kusangka! Aku kini tahu mutu pribadimu yang sesungguhnya, Inu!”
C.  “Tidak kuduga! Aku mempunyai teman yang tidak setia pada sahabat.”
D.  “Inu, ternyata Kau teman yang senang membuat keributan dan masalah di sini.”

SUMBER: www.smp1sragi.wordpress.com
soal prediksi/TRY OUT UN  bahasa indonesia smp tersebut dapat di download pada link di bawah ini berikut soal-soal prediksi/TRY OUT UN bahasa Indonesia paket lainnya....

TO PAKET 1 DOWNLOAD
TO PAKET 2 DOWNLOAD
TO PAKET 3 DOWNLOAD
TO PAKET 4 DOWNLOAD
TO PAKET 5 DOWNLOAD
TO PAKET 6 DOWNLOAD
TO PAKET 7 DOWNLOAD
TO PAKET 8 DOWNLOAD
TO PAKET 9 DOWNLOAD
TO PAKET 10 DOWNLOAD
TO PAKET 11 DOWNLOAD
TO PAKET 12 DOWNLOAD
TO PAKET 13 DOWNLOAD
TO PAKET 14 DOWNLOAD
TO PAKET 15 DOWNLOAD




1. Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2. Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3. Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke mediafire.
4. Kemudian klik link unduh/download