Pages - Menu

Wednesday, 11 June 2014

RPP BAHASA INGGRIS KELAS IX KURIKULUM 2013 Giving and responding to bad news


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                   :  SMP
Tema/Mapel            :  Giving and responding to bad news/ Bahasa Inggris
Kelas/Semester       :  1X/1
Waktu                     :  1 × 40 menit
Hari                         :

I.                   Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai, merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

II.                Kompetensi Dasar

3.2  Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial  dari ungkapan persetujuan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.10 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan/ terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang hubungan sebab dan akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator
1.      Spiritual
mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
2.      Sosial
melakukan sikap yang peduli terhadap sesama yang terkena musibah dengan menggunakan ungkapan-ungkapan dalam merespon berita buruk.
3.      Pengetahuan
Memahami percakapan intruksional termasuk di dalamnya memberi dan merespon berita buruk
4.      Ketrampilan
menyusun teks lisan dan tulis untuk memberi merespon berita buruk



III.             Tujuan
1.      Spiritual
Setelah proses pembelajaran peserta didik mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional secara konsisten
2.      Sosial
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks lisan dan tulis tentang memberi dan merespon berita buruk dalam melaksanakan komunikasi fungsional secara konsisten
3.      Pengetahuan
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks lisan dan tulis tentang memberi dan merespon berita buruk  pelajar di harapkan dapat menggunakan unsur kebahasaan tersebut secara tepat.
4.      Ketrampilan
Setelah memahami dan mendiskusikan teks interpersonal lisan dan tulis, peserta didik dapat menyusun teks lisan dan tulis untuk memberi dan merespon berita buruk dengan ungkapan-ungkapan yang tepat

IV.             Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis tentang memberi dan merespon berita buruk
1.        Fungsi sosial
a.    Mengenalkan
b.    Mengidentifikasi
2.        Struktur teks
a.    Dialog percakapn yang memberitakan berita buruk
b.    Bagaimana cara menyampaikan respon terhadap berita yang kita dapat
3.        Unsur kebahasaan
a.    Kalimat-kalimat pernyataan seperti My uncle didn’t get the job after all.
b.    Kata tanya : What? Which one? How many?
c.    Penyebutan kata benda singular dengan ‘a’ dan ‘the’ dan plural (-s)
d.   Kata ganti ‘it, they, this, that, those, these
e.    Ungkapan I am sorry to hear that , Oh, what a pity!, Oh, how terrible!, Oh no! How dreadful.

V.                Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber      :   
2.      Media Pembelajaran : Audio/Video, White Board, Board marker

selengkapnya silahkan klik link download di bawah ini... 
                   DOWNLOAD


1. Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2. Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3. Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA FIRE.
4. Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
 

No comments:

Post a Comment