RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Pasundan 4 Bandung
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas : VII
Semester :
2
Alokasi
Waktu : 4 x 40 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Mendengarkan: Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara
B.
KOMPETENSI
DASAR :
Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan
seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
1. Rekaman wawancara
2. Simpulan dari pikiran,
pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam
wawancara
D.
INDIKATOR
:
1. Kognitif
a. Produk
1) Menjelaskan pengertian dari gagasan utama.
2) Menjelaskan pengertian wawancara.
3) Menjelaskan pengertian narasumber.
b. Proses
1) Menemukan kalimat yang mengandung pikiran,
pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam
wawancara.
2) Mendata informasi yang merupakan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang
tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
2. Psikomotor
a. Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan
gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
b. Mendiskusikan ketepatan pikiran, pendapat,
dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
3. Afektif
a. Karakter
·
Komunikatif
·
Kerja
sama
·
Jujur
·
Disiplin
·
Bertanggung
jawab
·
Apresiatif
b. Keterampilan sosial
·
Bertanya
dengan bahasa yang benar dan baik.
·
Mengungkapkan
pendapat dengan bahasa yang benar dan baik.
·
Menjadi
pendengar yang baik.
·
Membantu
teman sekelas yang mengalami kesulitan.
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Kognitif
a. Produk
1) Secara mandiri siswa dapat menjelaskan pengertian dari gagasan utama dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
2) Secara mandiri siswa dapat pengertian wawancara dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
3) Secara mandiri siswa dapat menjelaskan pengertian narasumber dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
b. Proses
1) Siswa dapat menemukan kalimat yang
mengandung pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang
disampaikan dalam wawancara, yang dinilai dalam LP 2: proses
2) Siswa dapat mendata informasi yang pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau
narasumber yang disampaikan dalam wawancara, yang dinilai dalam LP 2: proses.
Psikomotor
1) Siswa dapat menyimpulkan pikiran,
pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam
wawancara yang dinilai dalam LP3 Psikomotor
2) Siswa dapat mendiskusikan ketepatan
pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan
dalam wawancara yang dinilai dalam LP3 Psikomotor
Afektif
a. Karakter
Siswa terlibat aktif
dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku
seperti komunikatif, kerja sama, jujur,
disiplin, bertanggung jawab, dan apresiatif.
b.
Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif
dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang benar dan baik,
mengungkapkan pendapat dengan bahasa yang benar dan baik, menjadi pendengar
yang baik, dan membantu teman yang mengalami kesulitan.
F.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model
pembelajaran : Kooperatif
Metode pembelajaran : inkuiri, pemodelan, diskusi
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Penilaian
oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
A.
B.
C.
|
Pertemuan Pertama
Kegiatan Awal (10 menit)
1.
Apersepsi:
Memberikan salam, menyapa peserta didik, mengabsen peserta didik, dan
melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu, kemudian mengaitkannya
dengan materi yang akan diajarkan.
2.
Memberikan
pemahaman kepada siswa mengenai tujuan pembelajaran yang akan mereka ikuti.
3.
Memberikan motivasi agar siswa dapat mengikuti
pembelajaran dengan penuh percaya diri.
Kegiatan Inti (60 menit)
1.
Siswa diminta untuk menuliskan pengertian gagasan pokok, wawancara, dan
narasumber, sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinnya.
2.
Beberapa siswa diminta untuk mengemukakan pengertian yang telah mereka
tuliskan.
3.
Siswa dan guru bersama-sama membahas mengenai
jawaban tersebut sampai ditemukan jawaban yang paling tepat.
4.
Siswa diminta
untuk berkumpul dengan kelompoknya. Setiap kelompok terdiri dari empat orang.
5.
Siswa mengamati
tayangan rekaman wawancara.
6.
Setelah selesai
mengamati, siswa diminta untuk mendiskusikan pikiran, pendapat, dan
gagasan yang disampaikan narasumber dalam wawancara
tersebut.
7.
Siswa diminta
menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan
yang disampaikan narasumber dalam wawancara tersebut.
8.
Siswa diminta
untuk mempresentasikan hasil diskusi tersebut pada pertemuan selanjutnya.
Kegiatan Akhir (10 menit)
1. Siswa diajak
melakukan refleksi, yaitu menanyakan mengenai apa yang telah dipelajari dan
apa kesulitan yang dihadapi siswa.
2. Guru memberikan
tugas mandiri untuk memperdalam pemahaman siswa
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
A.
B.
C.
|
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal (10 menit)
1.
Apersepsi:
Guru memberikan salam, menyapa peserta didik, mengabsen peserta didik,
dan melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu, kemudian
mengaitkannya dengan materi yang akan diajarkan.
2.
Siswa
diberi motivasi agar dapat mengikuti pembelajaran dengan penuh percaya diri.
Kegiatan Inti (60 menit)
1.
Siswa diminta untuk mempersiapkan hasil diskusi
yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya.
2.
Secara bergiliran, setiap kelompok diminta untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di muka kelas.
3.
Siswa dari kelompok yang lain diminta memberikan
penilaian terhadap ketepatan hasil simpulan yang sedang dipresentasikan.
4.
Setelah semua kelompok selesai mempresentasikan
hasil diskusinya, siswa diajak untuk bersama-sama mendiskusikan ketepatan
simpulan yang telah dipresentasikan.
Kegiatan Akhir (10 menit)
1.
Siswa diajak menemukan kesimpulan dari kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan.
2.
Siswa diajak melakukan refleksi.
3. Guru memberikan
tugas mandiri untuk memperdalam pemahaman siswa
|
|
|
|
|
H.
BAHAN
Lembar Kerja, Kertas HVS, Spidol.
I.
ALAT
Papan tulis, Komputer dan LCD
J.
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Lembar
Kerja
2.
LP
1 = kognitif: produk
3.
LP
2 = kognitif: proses
4.
LP
3 = psikomotor
5.
LP
4 = afektif: perilaku berkarakter
6.
LP
5 = afektif: keterampilan sosial
7.
Tabel
spesifikasi lembar penilaian
8.
Silabus
K.
PENILAIAN
Jenis Tagihan:
§
tugas
individu : tugas mandiri
§
kelompok :
menggunakan LP1, LP2 dan LP3, , LP4,
dan LP5
§
(ulangan) :
lembar kerja
Bentuk
Instrumen:
§
uraian
bebas
§ lembar
pengamatan
No comments:
Post a Comment