RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Tema/Mapel : I Love My Town/ Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Waktu : 1 × 40 menit
Hari :
I.
Kompetensi Inti
1. Menanggapi
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, rasa ingin tahu,
percaya diri, toleran, motivasi internal, pola hidup sehat, dan ramah
lingkungan) dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan keagamaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
4. Mencoba,
mengolah dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
II.
Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional.
2.3 Menghargai perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut nama dan jumlah
binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik
sehari hari
4.5 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyebutkan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan
peserta didik sehari hari, dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai dengan
konteks
III.
Indikator
1. Spiritual
mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
2. Sosial
melakukan sikap yang bertanggung jawab, peduli,
kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional secara
konsisten
3. Pengetahuan
memahami fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk menyebut
nama bangunan publik yang dekat dengan kehidupan peserta didik sehari-hari
4. Ketrampilan
menyusun teks lisan dan tulis
untuk menyebutkan nama binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan
kehidupan peserta didik sehari-hari, dengan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
IV.
Tujuan
1. Spiritual
Setelah proses pembelajaran peserta didik mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional secara
konsisten
2. Sosial
Setelah mengamati dan mendiskusikan
teks lisan dan
tulis tentang deskripsi tempat, peserta didik berperilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
secara konsisten
3. Pengetahuan
Setelah mengamati dan mendiskusikan
teks lisan dan tulis tentang deskripsi tempat, peserta didik dapat menjelaskan fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan secara tepat.
4. Ketrampilan
Setelah memahami dan mendiskusikan
teks interpersonal lisan dan tulis, peserta didik dapat menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyebutkan nama bangunan publik
yang dekat dengan kehidupan peserta sehari-hari, dengan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks secarabaik
V.
Materi Pembelajaran
Teks
lisan dan tulis tentang mendeskripsikan tempat
1.
Fungsi sosial
a. Mengenalkan
b. Mengidentifikasi
2.
Struktur teks
a. Tempat
yang digambarkan
b. Ciri
ciri apa saja yang ada di tempat itu
3.
Unsur kebahasaan
a. Nama
bangunan umum: the post office, the bank, the hospital
b. Kata
tanya : What? Which one? How many?
c. Penyebutan
kata benda singular dengan ‘a’ dan ‘the’ dan plural (-s)
d. Kata
ganti ‘it, they, this, that, those, these
e. Ungkapan
There is/are ....., Are there .....?
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI...
DOWNLOAD
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
No comments:
Post a Comment