PERANGKAT PEMBELAJARAN (SILABUS
DAN RPP) KURIKULUM
2013 SMA TINGKAT SMA
A. Pendahuluan
Pemberlakuan Undang-undang No. 22 tahun 1999
tentang Pemerintahan Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan
demokrasi yang lebih menyeluruh, tentunya hal ini juga menyangkut pengelolaan
sumber daya manusia. Salah satu upaya untuk mengelola dan meningkatkan sumber
daya manusia, pemerintah harus memiliki keperdulian untuk memperbaiki
perencanaan, pengeloaan, dan penyelenggraan pendidikan di wilayahnya
masing-masing.
Selain itu tuntutan globalisasi dalam bidang
pendidikan juga perlu dipertimbangkan agar hasil pendidikan nasional dapat
bersaing dengan negara-negara maju.
Upaya ke arah ini kini sudah mulai diwujudkan dengan diperkenalkannya
konsep pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dari sentralistik ke
desentralistik.
Desentralisasi pengelolaan pendidikan ini
diarahkan oleh Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional
Pendidikan, landasan hukum tersebut mengamanatkan agar kurikulum pendidikan
bagi pendidikan tingkat dasar dan tingkat menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi
(SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang
disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Kebijakan di atas kini telah diperbaharui dengan
Peraturan Pemerintah yang terbaru dimana dari aspek kurikulum, banyak hal yang
perlu dipersiapkan oleh daerah, karena sebagian besar kebijakan yang berkaitan
dengan implementasi kurikulum dilakukan oleh daerah sebagaimana tercantum dalam
landasan yuridis berikut ini:
PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 17 Ayat (2) ;Sekolah
dan komite sekolah, atau madrasah dan komite madrasah, mengembangkan kurikulum
tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum
dan standar kompetensi lulusan, di bawah supervisi dinas kabupaten/kota yang
bertanggung jawab di bidang pendidikan untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, dan
departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama untuk MI. MTs, MA, dan MAK
B. SILABUS KURIKULUM 2013 TINGKAT
SMA
1.
Pengertian Silabus
Silabus pada
kurikulum 2013 merupakan acuan
penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.[1]
2.
Komponen Silabus
Adapun komponen
yang terdapat dalam silabus kurikulum 2013, yaitu:[2]
1. Identitas Mata Pelajaran Pembelajaran
Contoh :
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
2. Identitas Sekolah
Merupakan identitas satuan pendidikan yang akan
dituju.
3. Kompetensi Inti
Contoh Kompetensi Inti PAI tingkat SMA
(K1) : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun
ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagaipermasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
4. Kompetensi Dasar
1.1 Berpegang
teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup
1.2 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits yang
terkait
3.1 Memahami
manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
4.1
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49)
: 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
5. Materi Pokok
Contoh :
Pengertian
perilaku husnuzzan
1. Husnuzzan
kepada Allah
a. Pengertian
husnuzzan kepada Allah
b. Contoh-contoh
perilaku husnuzzan kepada Allah SWT.
1. Syukur
2. Sabar
c. Cara mewujudkan Husnuzzan kepada Allah
6. Pembelajaran
7. Alokasi
Waktu
Contoh
Alokasi waktu mata pelajaran PAI di SMA, yaitu :4x3 Jam pelajaran
8. Sumber
Pembelajaran.
Merupakan sumber pembelajaran yang dilakukan mulai dari metode dan media
yang digunakan dalam proses belajar mengajar.
Contoh:
-Buku PAI Kls X Kemdikbud -Buku
lain yang menunjang
-Al-Quran dan Al-Hadits -Multimedia interaktif
dan Internet
-Kitab tafsir Al-Qur’an.
[2]http://www.m-edukasi.web.id/2013/07/pengembangan-silabus-kurikulum-2013.html
di akses 21 Mei 2014
SELENGKAPNYA silahkan klik link di bawah ini untuk mendownload PANDUAN PENYUSUNAN SILABUS DAN RPP KURIKULUM 2013 SMA. semoga bermanfaat...
DOWNLOAD
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
No comments:
Post a Comment