Pages - Menu

Wednesday, 11 June 2014

PANDUAN PENYUSUNAN SILABUS DAN RPP KURIKULUM 2013 SMA


PERANGKAT PEMBELAJARAN (SILABUS DAN RPP)                     KURIKULUM 2013 SMA TINGKAT SMA


A.   Pendahuluan

Pemberlakuan Undang-undang No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi yang lebih menyeluruh, tentunya hal ini juga menyangkut pengelolaan sumber daya manusia. Salah satu upaya untuk mengelola dan meningkatkan sumber daya manusia, pemerintah harus memiliki keperdulian untuk memperbaiki perencanaan, pengeloaan, dan penyelenggraan pendidikan di wilayahnya masing-masing.
Selain itu tuntutan globalisasi dalam bidang pendidikan juga perlu dipertimbangkan agar hasil pendidikan nasional dapat bersaing dengan negara-negara maju.  Upaya ke arah ini kini sudah mulai diwujudkan dengan diperkenalkannya konsep pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dari sentralistik ke desentralistik.
Desentralisasi pengelolaan pendidikan ini diarahkan oleh Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan, landasan hukum tersebut mengamanatkan agar kurikulum pendidikan bagi pendidikan tingkat dasar dan tingkat menengah disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Kebijakan di atas kini telah diperbaharui dengan Peraturan Pemerintah yang terbaru dimana dari aspek kurikulum, banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh daerah, karena sebagian besar kebijakan yang berkaitan dengan implementasi kurikulum dilakukan oleh daerah sebagaimana tercantum dalam landasan yuridis berikut ini:
PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 17 Ayat (2) ;Sekolah dan komite sekolah, atau madrasah dan komite madrasah, mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar kompetensi lulusan, di bawah supervisi dinas kabupaten/kota yang bertanggung jawab di bidang pendidikan untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, dan departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama untuk MI. MTs, MA, dan MAK

B.   SILABUS KURIKULUM 2013 TINGKAT SMA
1.    Pengertian Silabus
Silabus pada kurikulum 2013 merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran.[1]
2.      Komponen Silabus
Adapun komponen yang terdapat dalam silabus kurikulum 2013, yaitu:[2]
1.    Identitas Mata Pelajaran Pembelajaran
Contoh :
Mata Pelajaran        : Pendidikan Agama Islam

2.    Identitas Sekolah                                       
Merupakan identitas satuan pendidikan yang akan dituju.
3.    Kompetensi Inti                                    
Contoh Kompetensi Inti PAI tingkat SMA
(K1)            : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2)            : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun
ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagaipermasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3)         :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 (K4)    :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
4.    Kompetensi Dasar
1.1  Berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits dan Ijtihad sebagai pedoman hidup
1.2  Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits yang terkait
 3.1 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
4.1  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
5.    Materi Pokok                                        
Contoh :
Pengertian perilaku husnuzzan
1.   Husnuzzan kepada Allah
a.    Pengertian husnuzzan kepada Allah
b.    Contoh-contoh perilaku husnuzzan kepada Allah SWT.
       1.    Syukur
       2.    Sabar
c.    Cara mewujudkan Husnuzzan kepada Allah
6.    Pembelajaran
7.    Alokasi Waktu
Contoh
Alokasi waktu mata pelajaran PAI di SMA, yaitu :4x3 Jam pelajaran
8.    Sumber Pembelajaran.                               
Merupakan sumber pembelajaran yang dilakukan mulai dari metode dan media yang digunakan dalam proses belajar mengajar.
Contoh:
-Buku PAI Kls X Kemdikbud                   -Buku lain yang menunjang
-Al-Quran dan Al-Hadits                           -Multimedia interaktif dan Internet
-Kitab tafsir Al-Qur’an.

SELENGKAPNYA silahkan klik link di bawah ini untuk mendownload PANDUAN PENYUSUNAN SILABUS DAN RPP KURIKULUM 2013 SMA. semoga bermanfaat...

 DOWNLOAD

1. Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2. Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3. Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA FIRE.
4. Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.



No comments:

Post a Comment