Pages - Menu

Wednesday, 11 June 2014

RPP MATEMATIKA KELAS X SEMESTER 2 GEOMETRI KURIKULUM 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) 

Satuan Pendidikan                  : SMA
Kelas/Semester                        : Kelas X/Semester 2
Mata Pelajaran `           : Matematika wajib
Topik                                       : Geometri
Waktu                                     : 4 X 45 menit

A.    Kompetensi Inti SMA Kelas X :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan,  menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar :
2.1.             Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalammemilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2.             Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3.             Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.13.  Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar titik, garis dan bidang melalui demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya.
4.13.    Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan bangun ruang dalam menyelesaikan    masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antata titik, garis dan bidang.

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi

§   Terlibat aktif dalam pembelajaran geometri
§   Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
§   Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
§   Menemukan konsep dan prinsip geometri melalui pemecahan masalah otentik
§   Berkolaborasi memecahkan masalah aktual dengan pola interaksi sosial kultur
§   Berpikir tingkat tinggi dalam menyelidiki dan mengaplikasikan konsep dan prinsip-prinsip bangun datar dan ruang dalam geometri untuk memecahkan masalah otentik.

D.    Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran geometri ini diharapkan siswa terlibat aktifdalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, member saran dan kritik, serta dapat
1.      Menemukan konsep dan prinsip geometri melalui pemecahan masalah otentik secara tepat, dan sistematis.
2.      Berkolaborasi memecahkan masalah aktualdengan pola interaksi social kultur secara tepat dan kreatif.

E.     Materi
1.         Menemukan Konsep Kedudukan titik, Jarak  titik, Garis  dan Bidang
a. Kedudukan titik
           

b. Jarak antara titik ke titik dan jarak titik ke garis





d.  Jarak titik ke bidang





e. Jarak antara dua garis dan dua bidang yang sejajar

F.      Model/Metode Pembelajaran
       1.  Pendekatan     : sientific

       2.  Metode            : Discovery Learning

SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..

1. Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2. Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3. Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA FIRE.
4. Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.

No comments:

Post a Comment