Pages - Menu

Thursday, 12 June 2014

RPP MATEMATIKA KELAS XI PEMINATAN ATURAN PENCACAHAN KURIKUUM 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : SMA Ihsanul Fikri
Kelas/Semester          : XI/1
Mata Pelajaran          : Matematika
Peminatan                  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi Pokok             : Aturan Pencacahan
Topik                          : Aturan Perkalian
Alokasi Waktu           : 1 x 20 menit ( 1 pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
2. 1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.

2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli
Lingkungan
3. 13 Mendeskripsikan dan menerapkan berbagai aturan pencacahan melalui beberapa
contoh nyata serta menyajikan alur perumusan aturan pencacahan (perkalian, permutasi dan kombinasi) melalui diagram atau cara lainnya.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.        Terlibat secara aktif dalam pembelajaran aturan perkalian
2.        Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
3.        Menemukan konsep aturan perkalian

D.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, bertanggungjawab dan percaya diri dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, toleransi terhadap pendapat peserta didik lain serta dapat menemukan konsep aturan perkalian.

E.     Materi Pembelajaran
Fakta
Masalah kontekstual yang berkaitan dengan aturan perkalian
Konsep
Konsep aturan perkalian
Prinsip
Apabila terdapat n buah tempat tersedia dengan k1 adalah banyak cara berbeda untuk mengisi tempat pertama, k2 adalah banyak cara berbeda untuk mengisi tempat kedua, dan seterusnya hingga kn adalah banyak cara berbeda untuk mengisi n tempat yang tersedia adalah
                                          k1 x k2 x . . . x kn

Prosedur
Langkah-langkah menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan aturan perkalian

F.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                                     : Saintifik
2.      Model Pembelajaran           :  Pembelajaran Langsung (Direct Learning)
3.      Metode                               : Ekspositori

G.    Alat/Media/Bahan
1.      Alat/media      : Papan tulis, Spidol, Lembar Aktifitas Siswa (LAS)
2.      Bahan ajar       : Buku Matematika Erlangga SMA Kelas XI Program IPS semester 1

SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI...


1. Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2. Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3. Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA FIRE.
4. Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.

No comments:

Post a Comment