RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMK Yasti
Cisaat
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Teks Prosedur
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X
pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.2 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1 Mengindentifikasi
struktur teks prosedur
3.2.2 Menelaah
kebahasaan teks ekplanasi
|
KOMPETENSI
DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.2
Memproduksi teks prosedur secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur
dan kebahasaan
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.2.1 Menentukan
pola pengembangan dalam menulis teks prosedur
4.2.2 Menulis
teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan
|
C.
Tujuan
pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan
pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks prosedur, menelaah
kebahasaan teks prosedur, menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur,
dan menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan
rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif
selama proses pembelajaran.
D. Materi
Skematik Prosedur
· Pernyataan Umum/tujuan
·
Tahapan-tahapan
·
Penegasan
ulang
E. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya
jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta
didik
mendiskusikan informasi dengan
proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Peserta didik
menerima informasi
tentang hal-hal
yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati contoh teks prosedur yang
dibawa.
2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah
kebahasaan teks prosedur.
Menanya
3. Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan
kaidah kebahasaan teks prosedur.
4. Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan
kaidah kebahasaan teks prosedur.
Menalar
1.
Peserta didik
duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik
secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur.
Mencoba
1. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis
struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur.
5. Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah
kebahasaan teks prosedur.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik
secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya.
3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya
jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta
didik
mendiskusikan informasi dengan
proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta
didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati berbagai jenis teks prosedur
2. Peserta didik mengidentifikasi pola pengembangan
dalam berbagai jenis teks yang disajikan.
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang jenis teks prosedur
2. Peserta didik bertanya jawab dan berkomentar tentang
pola pengembangan teks prosedur
Menalar
1.
Peserta didik
menentukan tema teks prosedur yang akan ditulisnya
2.
Peserta didik
menentukan satu pola pengembangan teks prosedur dari berbagai teks yang sudah
diidentifikasi
3.
Peserta didik
merancang langkah-langkah teks prosedur dengan mempertimbangkan struktur dan
kaidah kebahasaan.
Mencoba
1.
Peserta didik
mencoba menuliskan teks prosedur secara utuh dengan mempertimbangkan struktur
dan kaidah kebahasaan.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik
mempresentasikan hasil karyanya
2.
Peserta didik
yang lain mengomentari dan memberi masukan.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
150 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan
dilakukan selanjutnya.
3. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
SELENGKAPNYA SILAKAN DOWNLOAD PADA LINK DI BAWAH INI
No comments:
Post a Comment