Search This Blog

Saturday, 11 January 2020

rpp 3.2 4.2 Bahasa Indonesia Kelas XI Pendekatan Saintifik


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMK Yasti Cisaat                          
Mata Pelajaran
: Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Teks Prosedur
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1   Mengindentifikasi struktur teks prosedur
3.2.2   Menelaah kebahasaan teks ekplanasi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.2 Memproduksi teks prosedur secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.2.1  Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur
4.2.2  Menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan




C.    Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik peserta didik dapat mengindentifikasi struktur teks prosedur, menelaah kebahasaan teks prosedur, menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur, dan menulis teks prosedur berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

D.    Materi
Skematik Prosedur
·      Pernyataan Umum/tujuan
·      Tahapan-tahapan
·      Penegasan ulang

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                : Saintifik
2.      Model Pembelajaran : Active Learning
3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.      Sumber Belajar :
a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya











F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.       Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.       Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati contoh teks prosedur yang dibawa.
2.      Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur.
Menanya
3.      Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur.
4.      Peserta didik memberi komentar terhadap struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur.
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur.
5.      Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur.

Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

Literasi





Rasa ingin tahu





Kerja sama (Collaborative)




Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)


Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya.
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.        Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.        Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.        Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.        Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.        Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran


Religius



Rasa ingin tahu
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati berbagai jenis teks prosedur
2.      Peserta didik mengidentifikasi pola pengembangan dalam berbagai jenis teks yang disajikan.
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab tentang jenis teks prosedur
2.      Peserta didik bertanya jawab dan berkomentar tentang pola pengembangan teks prosedur
Menalar
1.      Peserta didik menentukan tema teks prosedur yang akan ditulisnya
2.      Peserta didik menentukan satu pola pengembangan teks prosedur dari berbagai teks yang sudah diidentifikasi
3.      Peserta didik merancang langkah-langkah teks prosedur dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menuliskan teks prosedur secara utuh dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya
2.      Peserta didik yang lain mengomentari dan memberi masukan.

Literasi





Rasa ingin tahu





Kerja sama (Collaborative)







Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)

Komunikatif (Communicative)
150 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
15 menit

H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian:
a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan
b.         Penilaian Pengetahuan    : Tes Tertulis
c.          Penilaian Keterampilan   : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio

SELENGKAPNYA SILAKAN DOWNLOAD PADA LINK DI BAWAH INI

0 comments:

Post a Comment