RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMK Yasti
Cisaat
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Teks Eksplanasi
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X
pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, eksplanasial,
dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
eksplanasial pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1
Memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan
kejadian dari yang didengar atau dibaca.
3.3.2
Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi
secara lisan dan tulis.
|
KOMPETENSI
DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.3
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi secara lisan dan/tulis
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.3.1
Menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi.
4.3.2
Menyajikan hasil teks eksplanasi.
|
C. Tujuan pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model saintifik,
peserta didik dapat memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian
dari yang didengar atau dibaca,
menemukan
makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis, menyusun
bagian-bagian pokok teks eksplanasi, dan menyajikan hasil teks eksplanasi
dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/
komunikatif selama proses embelajaran.
D.
Materi
Teks
Eksplanasi:
- Fakta
- Pernyataan-pernyataan sebab-akibat (kausalitas).
Struktur Teks Eksplanasi:
- Pengetahuan
- Deretan Penjelas
- Interpretasi (opsional)
E.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai
Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya
jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta
didik
mendiskusikan informasi dengan
proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Peserta didik
menerima informasi
tentang hal-hal
yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati video terjadinya hujan.
2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut
berhubungan dengan teks eksplanasi
Menanya
1.
Peserta didik
bertanya jawab tentang video tersebut berhubungan dengan teks eksplanasi
2.
Peserta didik
memberi komentar terhadap video tersebut dihubungkan dengan teks eksplanasi
Menalar
1.
Peserta didik
duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik
secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk teks eksplanasi
3.
Peserta didik
mencari contoh teks eksplanasi dari berbagai sumber.
Mencoba
1.
Peserta didik
mencoba menganalisis informasi dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi yang
didapat.
2.
Peserta didik
mencoba menganalisis makna tersirat dalam teks eksplanasi yang didapat.
3.
Peserta didik
mencatat hasil analisis informasi, urutan kejadian, dan makna tersirat dalam
teks eksplanasi yang didapat.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik
secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communica-tive)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran.
Kegiatan guru
1. Melakukan penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks eksplanasi lainnya
3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya
jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta
didik
mendiskusikan informasi dengan
proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Peserta didik
menerima informasi
tentang hal-hal
yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati contoh teks eksplanasi
2. Peserta didik mengidentifikasi informasi
(pengetahuan), urutan kejadian, dan makna yang tersirat dalam teks
3. Peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian pokok
dalam teks
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang bagian-bagian
pokok dari teks
2. Peserta didik memberi komentar bagian-bagian pokok
teks eksplanasi yang dibahas
Menalar
1.
Peserta didik
duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik
berdiskusi untuk mengidentifikasi bagian-bagian pokok teks eksplanasi untuk
selanjutnya dapat disajikan hasilnya
Mencoba
1.
Peserta didik
mencoba menyusun hasil teks eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang
telah diidentifikasi dan didiskusikan.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik
secara berkelompok menyajikan hasil kerjanya
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative
|
150 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk membawa
contoh lain dari teks eksplanasi baik dari koran, majalah atau buku sumber
lainnya.
3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya,.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk
kerja :lembar penilaian presentasi
d.
Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3.
Remedial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai
ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis
kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
No comments:
Post a Comment