Search This Blog

Saturday, 11 January 2020

RPP 3.3 4.3 Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Kelas XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
: SMK Yasti Cisaat
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Teks Eksplanasi
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, eksplanasial, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan eksplanasial pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.3 Mengidentifikasi informasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1  Memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca.
3.3.2  Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.3.1  Menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi.
4.3.2  Menyajikan hasil teks eksplanasi.


C.    Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik, peserta didik dapat memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau dibaca, menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis, menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi, dan menyajikan hasil teks eksplanasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses embelajaran.

D.    Materi
Teks Eksplanasi:
  • Fakta
  • Pernyataan-pernyataan sebab-akibat (kausalitas).
Struktur Teks Eksplanasi:
  • Pengetahuan
  • Deretan Penjelas
  • Interpretasi (opsional)

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                : Saintifik
2.      Model Pembelajaran : Active Learning
3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.      Sumber Belajar :
a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya



F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.       Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.       Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati video terjadinya hujan.
2.      Peserta didik mengidentifikasi video tersebut berhubungan dengan teks eksplanasi
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab tentang video tersebut berhubungan dengan teks eksplanasi
2.      Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut dihubungkan dengan teks eksplanasi
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk teks eksplanasi
3.      Peserta didik mencari contoh teks eksplanasi dari berbagai sumber.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menganalisis informasi dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi yang didapat.
2.      Peserta didik mencoba menganalisis makna tersirat dalam teks eksplanasi yang didapat.
3.      Peserta didik mencatat hasil analisis informasi, urutan kejadian, dan makna tersirat dalam teks eksplanasi yang didapat.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

Literasi





Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collaborative)





Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)




Komunikatif (Communica-tive)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks eksplanasi lainnya
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.        Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.        Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.        Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.        Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati contoh teks eksplanasi
2.      Peserta didik mengidentifikasi informasi (pengetahuan), urutan kejadian, dan makna yang tersirat dalam teks
3.      Peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian pokok dalam teks
Menanya
1.      Peserta didik bertanya jawab tentang bagian-bagian pokok dari teks
2.      Peserta didik memberi komentar bagian-bagian pokok teks eksplanasi yang dibahas
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik berdiskusi untuk mengidentifikasi bagian-bagian pokok teks eksplanasi untuk selanjutnya dapat disajikan hasilnya
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menyusun hasil teks eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang telah diidentifikasi dan didiskusikan.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok menyajikan hasil kerjanya
2.      Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.

Literasi







Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)



Kreativitas (Creativity)


Komunikatif (Communicative

150 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama peserta didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membawa contoh lain dari teks eksplanasi baik dari koran, majalah atau buku sumber lainnya.
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya,.
4.      Menutup kegiatan belajar mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
15 menit

H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian:
a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan
b.         Penilaian Pengetahuan    : Tes Tertulis
c.          Penilaian Keterampilan   : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.      Bentuk Penilaian:       
a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja
c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi
d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio
3.      Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.      Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.       Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.      Siswa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

SELENGKAPNYA SILAKAN DOWNLOAD PADA LINK DI BAWAH INI

download 

0 comments:

Post a Comment