Search This Blog

Thursday 3 March 2011

Karakteristik Perkembangan Psikomotorik dan Fisik Masa Kanak-kanak serta Implikasinya dalam Pendidikan


           Karakteristik perkembangan psikomotorik dan fisik masa kanak-kanak adalah sebagai berikut :Usia kanak-kanak dalam rentangan berada dalam masa usia emas (golden age) segala sesuatunya sangat berharga, baik fisik, emosi, intelektualnya. Dan anak usia kanak-kanak ini sangat besar energinya sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang sangat tepat sehingga berkembang kemampuan motorik kasar maupun halus.
 Kegiatan fisik adalah merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar, seperti belari, melompat,bergantungan, melempar bola atau menendangnya. Maupun serta menjaga keseimbangan motorik halus seperti menggunakan jari-jari untuk menyusun puzzle, memilih balok, dan menyusunnya menjadi bangunan tertentu. Kegiatan fisik dan pelepasan energi dalam jumlah besar merupakan karakteristik aktivitas anak pada masa ini. Hal itu disebabkan oleh energi yang dimiliki anak dalam jumlah yang besar tersebut memerlukan penyaluran melalui berbagai aktivitas fisik, baik kegiatan fisik yang berkaitan dengan motorik kasar maupun gerakan motorik halus.
Implikasi perkembangan psikomotorik dan fisik masa kanak-kanak dalam pendidikan misalnya dalam pembelajaran kemampuan motorik kasar di taman kanak-kanak. Kemampuan motorik kasar ini dapat dikembangan dengan kegiatan bernyanyi yang diiringi gerakan-gerakan tangan dan kaki seperti gerakan berlari dan gerakan melompat

0 comments:

Post a Comment