Search This Blog

Wednesday 23 February 2011

Contoh kalimat Bahasa untuk Menggambarkan Penginderaan

Berikut ini akan dipaparkan beberapa contoh kalimat yang dapat menggambarkan bahwa bahasa dapat menggambarkan penginderaan.

1.      Indera Penglihatan / Penglihat = Mata
Contoh kalimat :
Susasana di desa begitu asri. Hijau lepas memandang, penuh daun dan pohon rindang. Burung biru melintas, ku tak tahu namanya tapi cantik. Di sini, warna-warni bunga dan kupu-kupu  bukan hanya sekedar cerita dari buku saja.

2.      Indera Penciuman / Pencium = Hidung
Contoh kalimat :
Wangi rumput dan bunga bercampur jadi tak tentu baunya, tapi nyaman. Ini berbeda dengan wangi kapur barus atau pewangi ruangan di kota, yang hanya memiliki satu bau. Tak begitu harum memang, tapi menyegarkan.

3.      Indera Pengecap = Lidah
Contoh kalimat :
Tomat yang matang di ladang jatuh dari pohonnya. Begitu manis, tak sedikitpun masam terasa di seratnya. Berbeda dengan yang mentah, rasanya pahit dan getir di permukaan lidah.

4.      Indera Pendengaran / Pendengar = Telinga / Kuping
Contoh kalimat :
Air sungai mengalir di sana. Gemercik suaranya menabah asri suasana. burung kecil bernyanyi diiringi bunyi seruling petani. Aku tak hafal lagunya, tapi merdu.


1.      Indera Peraba = Kulit
Contoh kalimat :
aku terbaring di atas rumput. lembut rasanya, seperti terbaring di atas bulu-bulu halus kemoceng. Angin berhembus meraba mukaku. Sejuk dan lembut ku rasa

0 comments:

Post a Comment