RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMPN 1 PANGATIKAN .
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Tema :
Dinamika Interaksi Manusia
Sub Tema : - Keragaman Sosial-Budaya Sebagai Hasil
Dinamika
Interaksi Manusia
Sub-Sub Tema : - Keragaman Suku
Bangsa
Alokasi Waktu : 1 x 45
Menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya .
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.3
Menghargai karunia Tuhan
YME yang telah menciptakan
manusia dengan lingkungannya
|
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku santun,toleransi,dan peduli dalam interaksi
sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
|
|
3.4 Memahami pengertian
dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan
ekonomi.
|
3.4.1 Menjelaskan pengertian Suku
Bangsa
3.4.2 Menjelaskan faktor –faktor yang
mempengaruhi keragaman suku
bangsa
3.4.3 Menjelaskan bahwa keragaman
suku bangsa sebagai aset kekayaan
nasional
3.4.4 Menggolongkan keragaman Suku
Bangsa
berdasarkan Pulau-pulau
besar
yang ada di wilayah
Indonesia
|
4
|
4.3 Mengobservasi dan menyajiakan bentuk-bentuk dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam,sosial,budaya,dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar
|
4.3.1
Melaporkan hasil analisis
dan diskusi tentang keragaman
suku bangsa Indonesia melalui
kegiatan presenasi kelompok di
depan kelas
|
C.Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi tujuan yang ingin dicapai
pada pembelajaran ini adalah :
1.Menjelaskan keragaman suku bangsa
2.Mengobservasi dan menyajikan keragaman
suku bangsa di lingkungan
masyarakat
D.Materi Pembelajaran
Keragaman suku bangsa
E.Metode Pembelajaran
1. Pendekatan pembelajaran yang digunakan : Saintifik
2. Metode pembelajaran : - Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
3. Model pembelajaran : Discovery Learning
F.Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
·
Power point tentang keragaman suku
bangsa.
·
Gambar tentang keragaman suku
bangsa di Indonesia
·
Peta Indonesia
·
Lembar kerja peserta didik
2.
Alat
dan bahan:
·
LCD ,Lap Top
3. Sumber pembelajaran
● Suciati,
dkk.2014. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kemendikbud RI
(halaman 211 – 214 )
● Lingkungan sekitar
G.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.Pendahuluan ( 5 menit
)
1. Salam, doa,dan memeriksa kehadiran
peserta didik.
2. Apersepsi :
- Mengajak peserta didik untuk
memperhatikan teman nya yang berbeda
desa
3. Menyampaikan topik dan tujuan
pembelajaran
b. Kegiatan Inti ( 30 menit)
1. Mengamati
- Peserta didik mengamati
gambar-gambar warga negara Indonesia yang
menggunakan pakaian
yang berbe
2.Menanya :
Peserta didik menenyakan
tentang : Bagaimana keragaman suku bangsa dapat
memperkaya.
Berdasarkan pertanyaan yang teridentifikasi,peserta didik menentukan
sejumlah pertanyaan pokok sebagai landasan untuk merumuskan jawaban
sementara
Pada
saat yang sama guru mengarahkan pada
pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian
kompetensi dasar.
- Mengapa
terdapat keragaman suku bangsa di
Indonesia
-
Mengapa keragaman suku bangsa dapat memperkaya aset nasional
-
Klasifikasikan keragaman suku
bangsa berdasarkan pulau-pulau besar yang ada di
negara Indonesia
3.Mengumpulkan data:
- Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi lain yang relevan tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman
suku bangsa dan jenis jenis
keragaman suku bangsa
-
Peserta didik mencari informasi dari internet
tentang faktor-faktor yang
memepengaruhi keragaman suku
bangsa dan jenis-jenis keragaman suku bangsa
4. Mengasosiasi
- Peserta
didik melakukan kegiatan curah pendapat
untuk menganalisis faktor-
faktor yang mempengaruhi
keragaman suku bangsa dan jenis-jenis keragaman
suku bangsa
-
Peserta didik
merumuskan simpulan simpulan dari hasil
curah pendapat tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman suku
bangsa dan jenis-jenis keragaman suku bangsa
5.Mengkomunikasikan
- Peserta
didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili
oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, dan anggota kelompok
lain
memberikan tanggapan
-
Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media di media :
majalah dinding kelas
c.Kegiatan Penutup ( 10 menit )
·
Kesimpulan :
Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·
Evaluasi :
-
Jelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi keragaman suku bangsa
-
Tuliskan jenis-jenis
keragaman suku bangsa
·
Refleksi :
-
Peserta didik diminta
menjawab pertanyaan reflektif : Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan ?
-
Pengetahuan apa yang
baru/berharga yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini ? Bagaimana
sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru
●
Menyampaikan materi yang akan datang
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
0 comments:
Post a Comment