RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMK YASTI CISAAT
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
:Teks
Prosedur
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.1
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 menunjukan pernyataan umum dalam suatu
kegiatan
3.1.2 menuliskan tahapan-tahapan sebagai
prosedur melakukan suatu kegiatan
|
KOMPETENSI
DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.1
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan
organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.1.1 mengungkapkan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan secara lisan.
4.1.2 menuliskan pernyataan umum dan
tahapan-tahapan.
|
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik,
dan CLIL dengan model saintifik peserta
didik dapat menunjukan pernyataan umum dalam suatu kegiatan dan menuliskan
tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan, mengungkapkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan secara lisan dan
menuliskan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dengan rasa
ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif
selama proses pembelajaran.
D.
Materi
Struktur
teks prosedur:
· Pernyataan Umum
· Tahapan-tahapan
· Penegasan ulang
E.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran :Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK),
Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya
jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta
didik
mendiskusikan informasi dengan
proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Peserta didik
menerima informasi
tentang hal-hal
yang akan dipelajari,metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati dua contoh teks prosedur
2. Peserta didik mengidentifikasi dua contoh teks
prosedur bersama-sama
Menanya
1.
Peserta didik
bertanya jawab tentang bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur
2.
Peserta didik
memberi komentar terhadap bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam
teks prosedur
Menalar
1.
Peserta didik
duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik
secara berdiskusi mengidentifikasi bentuk pernyataan umum dan tahapan-tahapan
dalam teks prosedur.
3.
Peserta didik
secara berkelompok mencari contoh teks prosedur lain dari berbagai sumber.
Mencoba
1.
Peserta didik
mencoba menentukan dan menganalisis bentuk pernyataan umum dari teks prosedur
yang dipilih.
2.
Peserta didik
mencoba menentukan dan menganalisis tahapan-tahapan dari teks prosedur yang
dipilih.
3.
Peserta didik
mencoba menuliskan tahapan-tahapan sebagai prosedur melakukan suatu kegiatan
dalam teks prosedur.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik
secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks prosedur lainnya dan memilih satu teks prosedur untuk diidentifikasi
pernyataan umum dan tahapan-tahapannya secara individu
3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
SELENGKAPNYA SILAKAN DIDOWNLOAD PADA LINK BERIKUT
DOWNLOAD
0 comments:
Post a Comment