RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMK Yasti Cisaat
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Ceramah
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, ceramahal, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
ceramahal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.5 Mengidentifikasi
informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1
Memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.
3.5.2
Menemukan informasi dan permasaahan aktual dalam
teks ceramah.
|
KOMPETENSI
DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.5
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk
disajikan dalam ceramah
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.5.1
Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah..
4.5.2
Menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks
ceramah
|
C. Tujuan pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model saintifik
peserta didik memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang
dibaca, menemukan
informasi dan permasaahan actual dalam teks ceramah menelaah bagian-bagian
penting dalam teks ceramah, dan menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam
teks ceramah. dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap
bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D.
Materi
Pengertian ceramah
Perbedaan ceramah dengan pidato dan khotbah
E.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK),
Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya
jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta
didik
mendiskusikan informasi dengan
proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5. Peserta didik
menerima informasi
tentang hal-hal
yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati teks ceramah
2. Peserta didik mengidentifikasi teks ceramah bersama-sama
Menanya
1.
Peserta didik
bertanya jawab tentang informasi dan permasalahan dalam teks ceramah
2.
Peserta didik
memberi komenatar tentang informasi dan permasalahan dalam teks ceramah
Menalar
1.
Peserta didik
duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
3.
Peserta didik
secara berdiskusi mengidentifikasi tentang informasi dan permasalahan dalam
teks ceramah
2.
Peserta didik
secara berkelompok mencari contoh ceramah lain dari berbagai sumber.
3.
Peserta didik
berdiskusi tentang perbedaan ceramah, khutbah dan pidato
Mencoba
1.
Peserta didik
mencoba menentukan dan menganalisis informasi dan permasalahan dalam teks
ceramah
4.
Peserta didik
mencoba membedakan ceramah, khutbah dan pidato
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik
secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca atau menonton ceramah lainnya.
3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK),
Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta
didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta
didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya (tanya
jawab).
3.
Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta
didik
mendiskusikan informasi dengan
proaktif tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta
didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin tahu
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati video ceramah, pidato dan
khutbah
2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana
yang termasuk ceramah, pidato dan khutbah
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang video
3. Peserta didik memberi komentar terhadap video
tersebut mana yang termasuk ceramah, pidato dan khutbah
Menalar
1.
Peserta didik
duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik
berdiskusi untuk menelaah bagian-bagian penting dari video ceramah yang
disajikan
3.
Peserta didik
mengidentifikasi kalimat majemuk yang digunakan dalam video.
Mencoba
1.
Peserta didik
mencoba menuliskan bagian-bagian penting dari video ceramah yang disajikan
2.
Peserta didik
mencoba menuliskan kalimat majemuk yang digunakan dalam video.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik
secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan masukan atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
150 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk membawa
contoh lain dari teks ceramah
3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
SELENGKAPNYA
SILAKAN DOWNLOAD PADA LINK DI BAWAH INI
Download
0 comments:
Post a Comment