Search This Blog

Wednesday, 8 August 2012

contoh RPP Berkarakter Kelas VII KD 9.1 Wawancara


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan    : SMP Pasundan 4 Bandung
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                           : VII
Semester                     : 2
Alokasi Waktu           : 4 x 40 menit

A.          STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan:  Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara

B.           KOMPETENSI DASAR :
Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara.

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
1.      Rekaman wawancara
2.      Simpulan dari pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara

D.          INDIKATOR :
1.   Kognitif
a.      Produk
1)      Menjelaskan pengertian dari gagasan utama.
2)      Menjelaskan pengertian wawancara.
3)      Menjelaskan pengertian narasumber.
b.      Proses
1)      Menemukan kalimat yang mengandung pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
2)      Mendata informasi yang merupakan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
2.   Psikomotor
a.       Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
b.      Mendiskusikan ketepatan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara.
3.   Afektif
a.      Karakter
·         Komunikatif
·         Kerja sama
·         Jujur
·         Disiplin
·         Bertanggung jawab
·         Apresiatif
b.      Keterampilan sosial
·         Bertanya dengan bahasa yang benar dan baik.
·         Mengungkapkan pendapat dengan bahasa yang benar dan baik.
·         Menjadi pendengar yang baik.
·         Membantu teman sekelas yang mengalami kesulitan.

E.           TUJUAN PEMBELAJARAN :
Kognitif
a.      Produk
1)      Secara mandiri siswa dapat menjelaskan pengertian dari gagasan utama dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
2)      Secara mandiri siswa dapat pengertian wawancara dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
3)      Secara mandiri siswa dapat menjelaskan pengertian narasumber dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
b.      Proses
1)      Siswa dapat menemukan kalimat yang mengandung pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara, yang dinilai dalam LP 2: proses
2)      Siswa dapat mendata informasi yang pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara, yang dinilai dalam LP 2: proses.

Psikomotor
1)      Siswa dapat menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara yang dinilai dalam LP3 Psikomotor
2)      Siswa dapat mendiskusikan ketepatan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh atau narasumber yang disampaikan dalam wawancara yang dinilai dalam LP3 Psikomotor

Afektif
a.      Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti komunikatif, kerja sama, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan apresiatif.
b.      Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang benar dan baik, mengungkapkan pendapat dengan bahasa yang benar dan baik, menjadi pendengar yang baik, dan membantu teman yang mengalami kesulitan.

F.           MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran       : Kooperatif
Metode pembelajaran     : inkuiri, pemodelan, diskusi

G.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4

A.











B.




















C.

Pertemuan Pertama
Kegiatan Awal (10 menit)

1.      Apersepsi:
Memberikan salam, menyapa peserta didik, mengabsen peserta didik, dan melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu, kemudian mengaitkannya dengan materi yang akan diajarkan.
2.      Memberikan pemahaman kepada siswa mengenai tujuan pembelajaran yang akan mereka ikuti.
3.      Memberikan  motivasi agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan penuh percaya diri.

Kegiatan Inti (60 menit)
1.      Siswa diminta untuk menuliskan pengertian gagasan pokok, wawancara, dan narasumber, sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinnya.
2.      Beberapa siswa diminta untuk mengemukakan pengertian yang telah mereka tuliskan.
3.      Siswa dan guru bersama-sama membahas mengenai jawaban tersebut sampai ditemukan jawaban yang paling tepat.
4.      Siswa diminta untuk berkumpul dengan kelompoknya. Setiap kelompok terdiri dari empat orang.
5.      Siswa mengamati tayangan rekaman wawancara.
6.      Setelah selesai mengamati, siswa diminta untuk mendiskusikan pikiran, pendapat, dan gagasan  yang disampaikan narasumber dalam wawancara tersebut.
7.      Siswa diminta menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan  yang disampaikan narasumber dalam wawancara tersebut.
8.      Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi tersebut pada pertemuan selanjutnya.

Kegiatan Akhir (10 menit)    
1.      Siswa diajak melakukan refleksi, yaitu menanyakan mengenai apa yang telah dipelajari dan apa kesulitan yang dihadapi siswa.
2.      Guru memberikan tugas mandiri untuk memperdalam pemahaman siswa










1
2
3
4

A.








B.













C.
Pertemuan Kedua
Kegiatan awal (10 menit)
1.      Apersepsi:
Guru memberikan salam, menyapa peserta didik, mengabsen peserta didik, dan melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu, kemudian mengaitkannya dengan materi yang akan diajarkan.
2.      Siswa diberi motivasi agar dapat mengikuti pembelajaran dengan penuh percaya diri.

Kegiatan Inti (60 menit)
1.      Siswa diminta untuk mempersiapkan hasil diskusi yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya.
2.      Secara bergiliran, setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di muka kelas.
3.      Siswa dari kelompok yang lain diminta memberikan penilaian terhadap ketepatan hasil simpulan yang sedang dipresentasikan.
4.      Setelah semua kelompok selesai mempresentasikan hasil diskusinya, siswa diajak untuk bersama-sama mendiskusikan ketepatan simpulan yang telah dipresentasikan.

Kegiatan Akhir (10 menit)
1.      Siswa diajak menemukan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
2.      Siswa diajak melakukan refleksi.
3.      Guru memberikan tugas mandiri untuk memperdalam pemahaman siswa






H.          BAHAN
Lembar Kerja, Kertas HVS, Spidol.

I.             ALAT
Papan tulis, Komputer dan LCD

J.            SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Lembar Kerja
2.      LP 1 = kognitif: produk
3.      LP 2 = kognitif: proses
4.      LP 3 = psikomotor
5.      LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6.      LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7.      Tabel spesifikasi lembar penilaian
8.      Silabus

K.          PENILAIAN
Jenis Tagihan:
§  tugas individu         : tugas mandiri
§  kelompok                : menggunakan LP1, LP2 dan LP3, , LP4, dan LP5
§  (ulangan)                 : lembar kerja

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  lembar pengamatan




























0 comments:

Post a Comment