Search This Blog

Wednesday, 8 August 2012

Contoh RPP Berkarakter Terbaru Kelas VII KD 10.1 Bahasa Indonesia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan    : SMP Pasundan 4 Bandung
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                           : VII
Semester                     : 2
Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit


A.          STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara:  Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon

B.           KOMPETENSI DASAR :
Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai.

C.          MATERI PEMBELAJARAN :
1.      Identitas tokoh idola
2.      Gaya penceritaan
3.      Intonasi
4.      Keunggulan tokoh

D.          INDIKATOR :
1.   Kognitif

a.      Produk
1)      Menjelaskan mengenai tokoh idola.
2)      Menyebutkan tokoh idola.
3)      Menjelaskan mengenai identitas tokoh idola.
4)      Mengidentifikasi keunggulan tokoh idola.
b.      Proses

1)      Menemukan kalimat yang mengandung informasi mengenai identitas tokoh.
2)      Menemukan kalimat yang mengandung informasi mengenai keunggulan tokoh.

2.   Psikomotor

a.       Mengemukakan identitas tokoh yang diidolakan dengan pilihan kata yang sesuai.
b.      Mengemukakan keunggulan tokoh yang diidolakan dengan pilihan kata yang sesuai.
c.       Mengemukakan  alasan yang mendasari siswa tersebut menyukai idolanya dengan pilihan kata yang sesuai.

3.   Afektif

a.      Karakter

  • Komunikatif
  • Jujur
  • Disiplin
  • Kerja sama
  • Bertanggung jawab
  • Apresiatif

b.      Keterampilan sosial

·         Bercerita dengan bahasa yang benar dan baik.
·         Mengungkapkan pendapat dengan bahasa yang benar dan baik.
·         Bertanya dengan bahasa yang benar dan baik.
·         Menjadi pendengar yang baik.
·         Membantu teman sekelas yang mengalami kesulitan.


E.           TUJUAN PEMBELAJARAN :

Kognitif

a.      Produk

1)      Secara mandiri siswa dapat menjelaskan mengenai tokoh idola dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
2)      Secara mandiri siswa dapat menyebutkan tokoh idolanya dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
3)      Secara mandiri siswa dapat menjelaskan mengenai identitas tokoh idolanya dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
4)      Secara mandiri siswa dapat mengidentifikasi keunggulan tokoh idolanya dengan mengerjakan tugas di LP 1: produk.
b.      Proses

1)      Siswa dapat menemukan kalimat yang mengandung informasi mengenai identitas tokoh., yang dinilai dalam LP 2: proses.
2)      Siswa dapat menemukan kalimat yang mengandung informasi mengenai keunggulan tokoh, yang dinilai dalam LP 2: proses.


Psikomotor

1)      Siswa dapat mengemukakan identitas tokoh yang diidolakan dengan pilihan kata yang sesuai yang dinilai dalam LP3 Psikomotor.
2)      Siswa dapat mengemukakan keunggulan tokoh yang diidolakan dengan pilihan kata yang sesuai yang dinilai dalam LP3 Psikomotor.
3)      Siswa dapat mengemukakan  alasan yang mendasari siswa tersebut menyukai idolanya dengan pilihan kata yang sesuai yang dinilai dalam LP3 Psikomotor.

Afektif

a.      Karakter

Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperilaku seperti komunikatif, jujur, disiplin, kerja sama, bertanggung jawab, dan apresiatif.

b.      Keterampilan sosial

Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam keterampilan bercerita dengan bahasa yang benar dan baik, mengungkapkan pendapat dengan bahasa yang benar dan baik, bertanya dengan bahasa yang benar dan baik, menjadi pendengar yang baik, dan membantu teman sekelas yang mengalami kesulitan.


F.           MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model pembelajaran       : kooperatif
Metode pembelajaran     : inkuiri, penugasan, pemodelan.


G.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4

A.

Pertemuan Pertama
Kegiatan Awal (15 menit)

1.      Apersepsi:
Memberikan salam, menyapa peserta didik, mengabsen peserta didik, dan melakukan tanya jawab mengenai pelajaran yang lalu, kemudian mengaitkannya dengan materi yang akan diajarkan.
2.      Memberi pemahaman pada siswa mengenai tujuan pembelajaran yang akan mereka ikuti.
3.      Menggali pengetahuan awal siswa mengenai tokoh idola.
4.      Memberi motivasi dengan mengajak siswa meneladani tokoh idolanya.










1
2
3
4
B.

Kegiatan Inti (55 menit)

1.      Siswa diminta untuk membaca artikel mengenai tokoh idola yang telah ditugaskan oleh guru pada pertemuan sebelumnya.
2.      Siswa melakukan tanya jawab dengan teman sebangkunya mengenai identitas tokoh idolanya.
3.      Siswa menentukan keunggulan tokoh idolanya disertai alasan yang argumentatif.
4.      Siswa menyimpulkan isi artikel yang telah dibacanya, berkaitan dengan tokoh idolanya.
5.      Tiga orang siswa, secara bergantian diminta untuk maju ke depan untuk menceritakan tokoh idolanya, sebagai model bagi teman-temanya.







1
2
3
4
C.

Kegiatan Akhir (10 menit)    
1.      Siswa diajak menemukan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
2.      Siswa diajak melakukan refleksi, yaitu menanyakan mengenai apa yang telah dipelajari dan apa kesulitan yang dihadapi siswa.
3.      Guru menjelaskan materi untuk pertemuan selanjutnya.








1
2
3
4

A.

Pertemuan Kedua
Kegiatan awal (10 menit)
1.      Apersepsi:
Guru memberikan salam, menyapa peserta didik, mengabsen peserta didik, dan melakukan tanya jawab mengenai kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada pertemuan sebelumya.
2.      Siswa diberi motivasi dengan cara diajak meceritakan mengenai tokoh idolanya dengan bahasa yang runtun.







1
2
3
4
B.
Kegiatan Inti (60 menit)
1.      Siswa diajak melihat tayangan mengenai gaya bercerita.
2.      Siswa diajak membahas mengenai penampilan temannya pada pertemuan sebelumnya.
3.      Secara bergantian, siswa diminta bercerita mengenai tokoh idolanya di muka kelas.
4.      Siswa yang lain memberikan penilaian dengan pedoman yang telah disepakati bersama.
5.      Siswa dari kelompok yang lain diminta memberikan penilaian terhadap ketepatan hasil simpulan yang sedang dipresentasikan.
6.      Siswa berdiskusi mengenai penampilan teman-temannya.






1
2
3
4
C.
Kegiatan Akhir (10 menit)
1.      Siswa diajak menemukan kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
2.      Siswa menyampaikan kesan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi.
3.      Siswa diberi penguatan terhadap simpulan dan refleksi yang telah dilakukan.
4.      Siswa diberi informasi mengenai materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.






H.          BAHAN
Artikel mengenai tokoh idola, Lembar Kerja, Kertas HVS, dan Spidol.


I.             ALAT
Papan tulis, Komputer dan LCD


J.            SUMBER PEMBELAJARAN

1.      Lembar Kerja
2.      LP 1 = kognitif: produk
3.      LP 2 = kognitif: proses
4.      LP 3 = psikomotor
5.      LP 4 = afektif: perilaku berkarakter
6.      LP 5 = afektif: keterampilan sosial
7.      Tabel spesifikasi lembar penilaian
8.      Silabus


K.          PENILAIAN

Jenis Tagihan:
§  tugas individu          : menggunakan LP 1
§  kelompok                 : menggunakan LP2 dan LP3, , LP4, dan LP5
§  (ulangan)                  : lembar kerja

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  lembar pengamatan














0 comments:

Post a Comment