RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
SMP
..............
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semeste : IX/1
Materi Pokok :
Teks Deskriptif
Alokasi Waktu : 1 x 2 JP
I.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
II.
KOMPETENSI
DASAR dan INDIKATOR
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
1.2
Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual
tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas
IX.
1.3
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang maksud dan tujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
1.4
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian
yang sudah/telah dilakukan/
terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
1.5
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang hubungan sebab dan akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
III.
TUJUAN
1. Spiritual
Setelah proses pembelajaran peserta
didik mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
Internasional secara konsisten
2. Sosial
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks lisan dan tulis tentang
deskripsi nama binatang, peserta didik berperilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional secara
konsisten
3. Pengetahuan
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks lisan dan tulis tentang deskripsi nama
binatang, peserta didik dapat menjelaskan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara tepat.
4. Ketrampilan
Setelah memahami dan mendiskusikan teks interpersonal lisan
dan tulis, peserta didik dapat menyusun teks lisan dan tulis untuk menyebutkan
nama binatang yang dekat dengan kehidupan peserta sehari-hari,
dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks secara
baik
IV.
MATERI
PEMBELAJARAN
Teks lisan dan tulis tentang
mendeskripsikan binatang
1.
Fungsi sosial
a. Mengenalkan
b. Mengidentifikasi
ACTIVITY 1
Work in pairs and fill in the following table.
ACTIVITY
2
Work in pairs and ask your partner
the following question. Take turns to use first question in (a), and then those
in (b).
Picture 1
(a)1. What kind of animal are cats?
2. Where do they live, in water or on land?
3. Could you tell their body parts?
4. What do they eat?
5. How do they reproduce? Do they give birth to
babies and produce milk for them?
Picture
2
`
(b)1. What animals live in water?
2. What animals live in water and on land?
3. What is the biggest animal that lives in sea
water?
4. What is the biggest animal that lives on
land?
5. Do you keep an animal in your home?
6. Tell your friends about the animal you keep
at home.
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI...
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
0 comments:
Post a Comment