RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : Kelas X/Semester 2
Mata
Pelajaran ` : Matematika wajib
Topik : Geometri
Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi Inti SMA
Kelas X :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar :
2.1.
Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalammemilih
dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2.
Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis
dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3.
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.13. Mendeskripsikan
konsep jarak dan sudut antar titik, garis dan bidang melalui
demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya.
4.13. Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan
bangun ruang dalam menyelesaikan
masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antata titik, garis dan
bidang.
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
§
Terlibat aktif dalam pembelajaran geometri
§
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
§
Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
§
Menemukan konsep dan prinsip geometri melalui pemecahan masalah otentik
§
Berkolaborasi memecahkan masalah aktual dengan pola interaksi sosial
kultur
§
Berpikir tingkat tinggi dalam menyelidiki dan mengaplikasikan konsep dan
prinsip-prinsip bangun datar dan ruang dalam geometri untuk memecahkan masalah
otentik.
D.
Tujuan Pembelajaran
Dengan
kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran geometri ini
diharapkan siswa terlibat aktifdalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, member saran dan kritik,
serta dapat
1. Menemukan konsep dan prinsip geometri melalui
pemecahan masalah otentik secara tepat, dan sistematis.
2. Berkolaborasi memecahkan masalah aktualdengan pola
interaksi social kultur secara tepat dan kreatif.
E.
Materi
1. Menemukan Konsep Kedudukan titik,
Jarak titik, Garis dan Bidang
a. Kedudukan
titik
b. Jarak antara titik ke titik dan jarak titik ke garis
d. Jarak titik ke bidang
e. Jarak
antara dua garis dan dua bidang yang sejajar
F.
Model/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : sientific
2. Metode
: Discovery Learning
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
0 comments:
Post a Comment