RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Ihsanul Fikri
Kelas/Semester : XI/1
Mata
Pelajaran : Matematika
Peminatan : Ilmu Pengetahuan Sosial
Materi
Pokok : Aturan Pencacahan
Topik :
Aturan Perkalian
Alokasi
Waktu : 1 x 20 menit ( 1 pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar
2. 1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi
diri dalam berpilaku jujur,
tangguh menghadapi
masalah,
kritis
dan disiplin dalam melakukan
tugas
belajar matematika.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggungjawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan perilaku
peduli
Lingkungan
3. 13 Mendeskripsikan dan
menerapkan berbagai aturan pencacahan
melalui
beberapa
contoh
nyata
serta
menyajikan
alur perumusan aturan
pencacahan (perkalian, permutasi
dan kombinasi) melalui diagram atau
cara
lainnya.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat secara aktif dalam pembelajaran aturan
perkalian
2.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
3.
Menemukan
konsep aturan perkalian
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa
terlibat aktif dalam pembelajaran, bertanggungjawab dan percaya diri dalam
menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, toleransi terhadap pendapat peserta
didik lain serta dapat menemukan konsep aturan perkalian.
E. Materi Pembelajaran
Fakta
Masalah
kontekstual yang
berkaitan
dengan aturan perkalian
Konsep
Konsep aturan perkalian
Prinsip
Apabila terdapat n buah tempat tersedia dengan k1 adalah banyak cara berbeda
untuk mengisi tempat pertama, k2
adalah banyak cara berbeda untuk mengisi tempat kedua, dan seterusnya hingga kn
adalah banyak cara berbeda untuk mengisi n tempat yang tersedia adalah
k1 x k2 x . . . x kn
Prosedur
Langkah-langkah
menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan aturan perkalian
F. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model
Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (Direct
Learning)
3.
Metode : Ekspositori
G. Alat/Media/Bahan
1. Alat/media : Papan tulis,
Spidol, Lembar Aktifitas Siswa (LAS)
2.
Bahan
ajar : Buku Matematika Erlangga SMA Kelas XI Program IPS semester 1
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI...
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
0 comments:
Post a Comment