RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Tema/Mapel : Giving and responding to bad news/ Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : 1X/1
Waktu :
1 × 40 menit
Hari :
I.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
3.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranahabstrak (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai,
merangkai,memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,membaca,
menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
II.
Kompetensi Dasar
3.2
Menerapkan struktur
teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari
ungkapan persetujuan, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.10 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah
dilakukan/ terjadi di waktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya
secara spesifik, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.11 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang hubungan
sebab dan akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator
1. Spiritual
mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
2. Sosial
melakukan sikap yang peduli terhadap sesama yang terkena musibah dengan menggunakan
ungkapan-ungkapan dalam merespon berita buruk.
3. Pengetahuan
Memahami percakapan intruksional termasuk di dalamnya memberi dan merespon berita
buruk
4. Ketrampilan
menyusun
teks lisan dan tulis untuk memberi merespon berita buruk
III.
Tujuan
1. Spiritual
Setelah proses pembelajaran
peserta didik mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai
bahasa Internasional secara konsisten
2. Sosial
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks lisan dan
tulis tentang memberi dan merespon berita buruk dalam
melaksanakan komunikasi fungsional secara konsisten
3. Pengetahuan
Setelah mengamati dan mendiskusikan teks lisan dan tulis tentang memberi dan
merespon berita buruk
pelajar di
harapkan dapat menggunakan unsur kebahasaan tersebut secara
tepat.
4. Ketrampilan
Setelah memahami dan mendiskusikan teks interpersonal lisan dan tulis, peserta
didik dapat menyusun teks lisan dan tulis untuk memberi dan merespon berita
buruk dengan ungkapan-ungkapan yang tepat
IV.
Materi Pembelajaran
Teks
lisan dan tulis tentang memberi dan merespon berita buruk
1.
Fungsi sosial
a. Mengenalkan
b. Mengidentifikasi
2.
Struktur teks
a. Dialog percakapn yang memberitakan berita buruk
b. Bagaimana cara menyampaikan respon terhadap berita yang kita dapat
3.
Unsur kebahasaan
a. Kalimat-kalimat pernyataan seperti My uncle didn’t
get the job after all.
b. Kata
tanya : What? Which one? How many?
c. Penyebutan
kata benda singular dengan ‘a’ dan ‘the’ dan plural (-s)
d. Kata
ganti ‘it, they, this, that, those, these
e. Ungkapan
I am sorry to hear that , Oh, what a pity!, Oh, how terrible!, Oh no! How dreadful.
V.
Sumber/Media Pembelajaran
1. Sumber :
2. Media
Pembelajaran : Audio/Video, White Board, Board marker
selengkapnya silahkan klik link download di bawah ini...
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
0 comments:
Post a Comment