Search This Blog

Saturday 19 April 2014

ANALISIS PUISI “KEPADA SESOSOK LELAKI YANG BERJALAN MELINTASI SENJA DENGAN BEAUMONT TUA” KARYA AGUS HERNAWAN


ANALISIS PUISI “KEPADA SESOSOK LELAKI YANG BERJALAN MELINTASI SENJA DENGAN BEAUMONT TUA” KARYA AGUS HERNAWAN
Oleh Citra Sparina
Puisi adalah bentuk karya sastra yang mengung­kapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan diusun dengan mengkonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengkonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya.        
Sebagai salah satu karya sastra, harus diakui kalau puisi memang memiliki posisi yang unik. Ada unsur kebebasan yang mungkin melampaui prosa. Permainan simbolisme yang dihadirkan tidak hanya dengan kata, tetapi juga dengan angka dan bentuk-bentuk lain menghadirkan nuansa misteri yang menarik.
Dengan puisi, seseorang bisa memberikan kritik yang tajam tanpa terkesan mengkritik. Lewat puisi seseorang bisa menyuarakan pemberontakan tanpa dianggap memberontak. Bahkan, seseorang bisa dituduh sesat hanya karena puisi yang ditulisnya menyerang keyakinan tertentu.Maka tak jarang orang akan mengernyitkan dahinya karena melihat keanehan karya yang disebut puisi. Karena memang tidak mudah memahami puisi hanya dari membaca sekali dua kali, apalagi sepintas.
Atas dasar tersebut, maka penulis berusaha menganalisa beberapa puisi dengan melihat aspek jenis puisi, bunyi, rima, kata, bahasa kias, simbol, citraan, sarana retorika, tipografi, serta enjambemen puisi tersebut.
MATERI SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI!

DOWNLOAD

JIKA ANDA TERHUBUNG KE ADFLY, ANDA CUKUP MENUNGGU SAMPAI TERDAPAT TULISAN LEWATI/SKIP AD WARNA KUNING DI POJOK KIRI, SETELAH ITU ANDA CUKUP MENGKLIK UNDUH.

0 comments:

Post a Comment