Search This Blog

Saturday 19 April 2014

Deiksis dan Variasi Bahasa


Deiksis dan Variasi Bahasa


      A.    Pengertian Deiksis
Deiksis berasal dari kata Yunani kuno yang berarti “menunjukkan atau menunjuk”. Dengan kata lain informasi kontekstual secara leksikal maupun gramatikal yang menunjuk pada hal tertentu baik benda, tempat, ataupun waktu itulah yang disebut dengan deiksis.
Dalam KBBI (1991: 217), deiksis diartikan sebagai hal atau fungsi yang menunjuk sesuatu di luar bahasa; kata tunjuk pronomina, ketakrifan, dan sebagainya.
Deiksis adalah kata-kata yang memiliki referen berubah-ubah atau berpindah-pindah (Wijana, 1998: 6). Menurut Bambang Yudi Cahyono (1995: 217), deiksis adalah suatu cara untuk mengacu ke hakekat tertentu dengan menggunakan bahasa yang hanya dapat ditafsirkan menurut makna yang diacu oleh penutur dan dipengaruhi situasi pembicaraan.
Deiksis dapat juga diartikan sebagai lokasi dan identifikasi orang, objek, peristiwa, proses atau kegiatan yang sedang dibicarakan atau yang sedang diacu dalam hubungannya dengan dimensi ruang dan waktunya, pada saat dituturkan oleh pembicara atau yang diajak bicara (Lyons, 1977: 637 via Djajasudarma, 1993: 43). 

MATERI SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI!

DOWNLOAD

JIKA ANDA TERHUBUNG KE ADFLY, ANDA CUKUP MENUNGGU SAMPAI TERDAPAT TULISAN LEWATI/SKIP AD WARNA KUNING DI POJOK KIRI, SETELAH ITU  ANDA CUKUP MENGKLIK UNDUH.

0 comments:

Post a Comment