KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PEMINATAN KELOMPOK MATEMATIKA DAN ILMU-ILMU ALAM
SEKOLAH MENENGAH ATAS
BIOLOGI
KELAS
X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.
|
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati,
ekosistem, dan lingkungan hidup.
|
1.2.
|
Menyadari dan
mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
|
||
1.3.
|
Peka dan
peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi
lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
||
2.
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1.
|
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam
observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan
dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun
di luar kelas/laboratorium.
|
2.2.
|
Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan
dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan
pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
|
||
3.
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
|
Memahami
tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan
tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.
|
Menganalisis
data hasil obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen,
jenis dan ekosistem) di Indonesia.
|
||
3.3.
|
Menerapkan
pemahaman tentang virus berkaitan dengan ciri, replikasi, dan peran virus
dalam aspek kesehatan masyarakat.
|
||
3.4.
|
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk
menggolongkan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan
bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
|
||
3.5.
|
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk
menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan perannya dalam
kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
|
||
3.6.
|
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk
menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri dan cara reproduksinya melalui
pengamatan secara teliti dan sistematis.
|
||
3.7.
|
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk
menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan
metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan
di bumi.
|
||
3.8.
|
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan
pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
|
||
3.9.
|
Menganalisis
informasi/data dari berbagai sumber tentang ekosistem dan semua interaksi
yang berlangsung didalamnya.
|
||
3.10.
|
Menganalisis
data perubahan lingkungan dan dampak dari perubahan perubahan tersebut bagi
kehidupan.
|
SELENGKAPNYA KLIK LINK DI BAWAH INI...
KI DAN KD DOWNLOAD
SILABUS KELAS X DOWNLOAD
SILABUS KELAS XI DOWNLOAD
SILABUS KELAS XII DOWNLOAD
0 comments:
Post a Comment