Search This Blog

Tuesday, 29 April 2014

CONTOH RPP IPS KELAS VII KURIKULUM 2013 PENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL


CONTOH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Satuan Pendidikan        : Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Wagir
Kelas/Semester            : VII/1
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Tema/Topik       : Manusia Sebagai Makhluk Sosial Pertemuan Ke  : 1 dan 2


A. KOMPETENSI INTI:
1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang  ilmu  pengetahuan,  teknologi, seni, budaya  terkait  fenomena  dan kejadian tampak mata.
4.  Mencoba,  mengolah, dan  menyaji dalam  ranah  konkret  (menggunakan,  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


B. KOMPETENSI DASAR:
1.1. Menghargai  karunia  Tuhan  YME  yang  telah  menciptakan  waktu  dengan  segala perubahannya
2.3. Menunjukkan perilaku  santun  toleran  dan peduli  dalam melakukan  interaksi  sosial
dengan lingkungan dan teman sebaya
3.4. Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.3. Menganalisis hasil observasi bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia hubungannya dengan  lingkungan  alam,  sosial,  budaya  dan  ekonomi  di  lingkungan  masyarakat sekitar


C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI:
1.   Menjelaskan pengertian manusia sebagai mahluk sosial dalam kehidupan sehari-hari;
2.   Menggali      informasi  tentang   bentuk-bentuk   dinamika  interaksi  manusia  (hasil budaya) pada masa praaksara;
3.   Menjelaskan dinamika interaksi manusiadalam pemecahan masalah pokok ekonomi;
4.   Memberikan contoh dinamika interaksi manusiaterhadap lingkungan sekitar;



5.   Mengidentifikasi permasalahan manusia hubungannya dengan interaksi sosial;
6.   Mengidentifikasi permasalahan manusia hubungannya dengan sosial budaya;
7.   Menganalisis   permasalahan  pokok ekonomi  yang dialami manusia  sebagai mahluk sosial dalam kehidupan sehari-hari;
8.   Mengevaluasi permasalahan manusia hubungannya dengan lingkungan sekitar
 
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI KEMUDIAN ANDA AKAN TERHUBUNG KE DALAM ADFLY DAN KLIK SKIP ATAU LEWATI YANG BERADA DI POJOK KIRI.....
DOWNLOAD

atau

DOWNLOAD

1 comments: