RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri
Sitinggil 2
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas/Semester : VII/ Semester 2
Tema :
DINAMIKA DAN INTERAKSI MANUSIA
Sub-Sub Tema : Keragaman Bahasa
Alokasi Waktu : 1 x 40 Menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi , gotongroyong, santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberdaannya
3.
Memahami pengetahuan
(faktual,konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4.
Mencoba mengolah dan menyaji dalam
ranah kongkrit (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodifikasi dan membuat)
dalam ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator
Kompetensi Dasar
1.3
Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang
telah menciptakan manusia dengan
lingkungannya.
2.3 Menunjukkan perilaku
santun, toleran dan peduli dalam interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman
sebaya.
3.4 Memahami pengertian
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial
budaya dan ekonomi
Indikator :
3.4.1 Menjelaskan keanekaragaman bahasa yang ada di
Indonesia
3.4.2 Mengemukakan ciri-ciri keragaman bahasa di Indonesia
3.4.2 Menunjukan keaneka ragaman bahasa Indonesia
4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia
dengan
lingkungan
alam, sosial , budaya dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
Indikator :
4.3.1
Mempresentasikan haasil temuan
tentang keragaman bahasa yang
tersebar di wilayah
Indonesia
4.3.2
Melaporkn hasil temuan dan
analisis tentang keragaman bahasa di
wilayah Indonesia
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui Model pembelajaran Problem Based Learning, siswa
dapat :
1.
Menjelaskan keragaman bahasa
2.
Menunjukan perilaku santun,
toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman
sebaya
3.
Mengobservasi dan menyajikan hasil
analisis tentang keragaman bahasa
D. Materi Pembelajaran
1.
Wilayah Indonesia berbentuk
kepulauan
2.
Masing-masing wilayah memiliki
bahasa yang berbeda-beda
3.
Bahasa Persatuan : Bahasa
Indonesia
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Scientific
2.
Model : Problem Based Learning
3.
Metode : Diskusi Kelompok
F. Media , alat dan sumber
pembelajaran
1.
Media :
Peta Indonesia, Slide,
2.
Alat/Bahan : Komputer,
laptop , LCD
3.
Sumber Belajar : Buku Pegangan Siswa, (Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan
2013
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Persiapan psikis dan fisik
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.
Menginformasikan tujuan yang
akan dicapai selama pembelajaran
c.
Menyampaikan secara singkat garis
besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
d.
Menyambungkan materi sekarang
dengan materi sebelumnya
e.
Memberi motivasi siswa untuk
aktif dalam proses pembelajaran dengan menyanyikan lagu
BALONKU
Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau kuning kelabu
Merah muda dan biru
Meletus Balon Hijau
Daaaaaaaaaaaaarrrrrr
Hatiku sangat kacau
Balonku tinggal empat
Kupegang erat-erat
BALONKU
(Versi Bahasa
Sunda)
Balon abdi aya lima
Rupi-rupi warnana
Hejo koneng jeung hawuk
Beureum anom sareng biru
Nu bitu balon hejo Doooooooooor
Hate abdi mani reuwas
Balon abdi tinggal opat
Dicepeng tipepereket
BALONKU
(Versi Bahasa Jawa)
Balonku ono limo
Rupa-rupa warnane
Ijo, kuning nan lan biru
Abang enom lan biru
Bledos balon ijo door
Atiku kacau banget
Balonku isih popot
Dicekel kuat kuat
|
|
Inti
|
a.
Siswa dibagi menjadi 7
kelompok masing-masing kelompok
terdiri dari 5 orang
b.
Siswa mengamati tayangan lirik
lagu balonku dengan 3 versi bahasa Indonesia, Sunda dan Jawa
c.
Siswa menemukan masalah dari
hasil pengamatan lagu tersebut berupa perbedaan bahasa antara satu daerah
dengan daerah lain
d.
Siswa melakukan kegiatan unatuk
menyusun pernyataan tentang perbedaan bahasa yang ada ddi lirik lagu balonku
e.
Guru membimbing siswa untuk
menemukan masalah yang akan dijadikan kegiatan belajar
f.
Masalah yang ditemukan oleh
siswa dengan bimbingan guru yang akan menjai bahan diskusi secara kelompok
yaitu
Indonesia Kaya akan Bahasa Daerah , kenapa hal ini bisa
terjadi dan dimana saja persebaran bahasa daerah tersebut”
g.
Berdasarkan masalah tersebut
masing-masing kelompok diberi tugas untuk mencari informasi dari berbagai
sumber tentang persebaran bahasa yang ada di Indonesia.
h.
Guru membagikan Lembar Kerja
Siswa
·
Kelompok yang membahas
Persebaran Bahasa di
§ P. Sumatra
§ P. Jawa
§ P. Kalimantan
§ P. Sulawesi
§ P. Maluku
§ Nusa Tenggara
§ Papua
i.
Siswa melakukan kegiatan
menggunakan dan melaporkan hasil temuan saat mengerjakan LKS
j.
Guru membantu peserta didik
untuk melakukan refleksi dan evaluasi terhadap masalah yang dibahas di
kelompok masing-masing
|
|
Penutupan
|
a.
Membuat kesimpulan tentang
keragaman bahasa
b.
Melaksankan test secara lisan
c.
Menutup pelajaran dengan berdoa
sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
|
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
0 comments:
Post a Comment