RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)Satuan Pendidikan : SMPMata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan SosialTema/Topik : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya AlamSub Tema : Kegiatan Ekonomi dan Pemanfaatan Sumber Daya AlamKelas/Semester : 7/GenapAlokasi Waktu : 2 x 40 MenitA. KOMPETENSI INTI ;1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkeit fenomena dan kejadian tampak mata.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.B. KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR iNDIKATOR 1.3. Menghargai karunia Tuhan YNE yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya 2.2. Menunjukan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai dan betanggung jawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik 3.1. Memahami asfek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia 1. Mendeskripsikan aktifitas pertanian yang dilakuakan masyarakat dalam keberlanjutan kehidupan manusia 4.3. Mengobservasikan dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi dilingkungan masyarakat sekitar 1. Mengidentifikasi manfaat lahan pertanian yang ada dilingkungan sekitar2. Menganalisis permasalahan pertanian dilingkungan masyarakat sekitarC. TUJUAN PEMBELAJARANMelalui diskusi siswa dapat :1. Menjelaskan aktivitas pertanian masyarakat2. Membedakan pertanian lahan basah dan lahan kering3. Menyebutkan manfaat lahan pertanian4. Menganalisis berbagai masalah dalam pertanianD. MATERI PEMBELAJARAN1. Aktivitas pertanian2. Manfaat Hasil PertanianE. METODE PEMBELAJARANPendekatan : SaintifikMetode : Diskusi dengan teknik STADModel Pembelajaran : Discovery LearningF. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN1. Media Pembelajaran : Gambar aktifitas pertanian2. Alat Pembelajaran : Laptop, Internet3. Sumber pembelajaran : Buku IPS Kelas 7G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU PendahuluanKegiatan IntiPenutup a. Pesert didik Mengucapkan Salamb. Peserta didik Berdoac. Guru Memeriksa kehadiran peserta didia. Guru membangi peserta didik dalam 6 kelompokb. Setiap kelompok masing-masing membawa permasalahan tentang aktivitas pertanianc. Penugasan menggunakan Lembar Kerja untuk dikerjakan masing-masing kelompokd. Setiap kelompok mencatat hasil diskusie. Pelaksanaan presentasi kelompok A ditanggapi Kelompok B, kelompok C ditanggapi kelomp[ok D, kelompok E ditanggapi Kelompok F, begitu sebaliknyaf. Pelaksanaan konfirmasi dilakukan dengan memberikan umpan balik berdasarkan hasil presentasia. Membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran dilakukan siswa bersama gurub. Melaksanakan tes pengetahuan secara lisanc. Menugaskan peserta didik mengerjakan PRd. Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama masing-masing 10 menit60 menit10 menit
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..
DOWNLOAD
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
Terimakasih
ReplyDelete