RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri 1 Ciparay
Matapelajaran : IPS
Kelas/Semester : VII / 2
Tema : Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Sub Tema: Kegiatan Ekonomi dan Pemanfaatan Potensi Sumber
Daya Alam
Sub-sub Tema: Kegiatan Ekonomi
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargaidanmenghayatiajaran
agama yang dianutnya
2. Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri,
dalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaannya
3. Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural)
berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni,
budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata
4. Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari
di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada
pembelajaran ini adalah mendeskripsikan kegiatan ekonomi (produksi,
distribusi dan konsumsi)
D. Materi Pembelajaran
1. Bentuk kegiatan ekonomi:
a. Produksi
b. Distribusi
c. Konsumsi
2. Permasalahan dalam kegiatan
ekonomi:
a. Sumber daya alam
b. Tenaga kerja
c. Modal
d. Keahlian
E. Metode Pembelajaran
a. Pendekatan Saintifik
b. Metode Diskusi, Tanya jawab
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
2. Alat/Bahan
3. Sumber Belajar
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 5 menit)
a)
Guru mengucapkan salam, meminta siswa berdoa, dan memeriksa kehadiran peserta
didik
b) Apersepsi:
1)
Guru mengajak siswa untuk memperhatikan untuk memperhatikan kegiatan penduduk
di sekitar tempat tinggal siswa
2) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
3) Guru
menyampaikan langkah-langkah pembelajaran
2. Kegiatan Inti ( 30 menit)
a) Siswa membentuk
kelompok menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok beranggota 5 atau 6 orang
b) Guru membagikan
gambar yang berisi kegiatan ekonomi kepada masing-masing kelompok
c) Siswa secara
berkelompok memilah-milah jenis-jenis kegiatan ekonomi berdasarkan contoh
yang dibagikan guru
d) Siswa
berdiskusi tentang permasalahan yang muncul dari setiap jenis kegiatan
ekonomi
e) Siswa
berdiskusi tentang upaya menanggulangi permasalahan yang muncul dari setiap
jenis kegiatan ekonomi
f) Siswa secara
berkelompok menyusun rencana observasi
g) Siswa secara
bergantian melakukan presentasi rencana observasi ditanggapi oleh kelompok
lainnya
3. Penutup (10 menit)
a. Kesimpulan:
1)
Guru dan peserta didik bersama-sama membuat kesimpulan hasil pembelajaran
b. Evaluasi
1) Jelaskan 3 bentuk kegiatan ekonomi
2) Jelaskan permasalahan yang dihadapi
dalam kegiatan ekonomi
3) Jelaskan upaya
untuk menanggulangi permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi
c. Refleksi
1) Peserta didik
diminta menjawab pertanyaan reflektif
Penilaian Sikap
Keterangan:
Nilai sikap siswa: Jumlah nilai yang diperoleh dibagi 4
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
|
0 comments:
Post a Comment