Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah
: SMP N 6 Kuningan
Matapelajaran
: IPS
Kelas/Semester
: VII
Materi
Pokok : Dinamika
Interaksi Manusia
Alokasi
Waktu : 1x
45 menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disipilin,
tanggung jawa,peduli (toleransi,gotong royong), santun,percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3) Memahami pengetahuan (factual, konseptual dan
procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi,seni, budaya, terkait fenomena dan kejadian mata
4) Mencoba,mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajarinya di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sedut pandang /teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1.3. Menghargai karuniaTuhan YME yang
telah menciptakan manusia dengan
Lingkungannya
|
a. Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu
b. Menjalankan ibadah tepat waktu
c. Memberi salam
d. Mensyukuri kemampuan manusia dalam mengendalikan diri
e. Menjaga lingkungan hidup disekitar rumah tempat tinggal, sekolah dan
masyarakat
f. Memelihara hubungan baik dengan sesame umat dll
|
2.3. Menunjukkan perilaku santun,
toleran dan peduli dalam interaksi social dengan
lingkungan dan teman sebaya
|
a. Patuh pada tata tertib dan aturan sekolah
b. Menghormati sesama bersikap 3S (senyum, sapa, Salam)
c. Dapat memaafkan kesalahan orang lain
d. Berani berpendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dll
|
3.4.Memahami pengertian dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam,social,
budaya dan ekonomi
|
a.
Menjelaskan
interaksi manusia dengan lingkungan
b.
Menyebutkan
komponen lingkungan yang meliputi : lingkungan abiotik, biotic, social dan
budaya
|
4.4. Mengobservasi dan menyajikan
bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, social, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat
sekitar
|
a.
Menunjukkan
keterkaitan antar komponen lingkungan alam
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui Diskusi peserta didik mampu:
1.
Menjelaskan interaksi manusia dengan
lingkungan
2.
Menunjukkan perilaku santun, toleran,dan
peduli dalam melakukan interaksi social dengan lingkungan dan teman sebaya
3.
Mengoservasi dan menyajikan komponen
lingkungan abiotik, biotic, social dan budaya serta keterkaitan antar komponen
lingkungan alam
D.
Materi
Pembelajaran
A. Dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan
dari lingkungannya. Contohnya kita bernafas dari udara. Komponen lingkungan
dapat dibedakan menjadi lingkungan abiotik, biotic,social dan budaya
B. Keterkaitan antar komponen lingkungan alam
Gambaran yang lebih jelas tentang
keterkaitan antar komponen lingkungan seperti contoh berikut ini:
Di daerah pantai (komponen alam) berkembang kehidupan nelayan
(komponen social), yang berbeda dari kehidupan petani di daerah
pegunungan
E.
Metode
Pembelajaran
Sub tema dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan adalah :
a. Pendekatan Saintifk
b. Metode Diskusi kelompok. penugasan
c. Model pembelajaran Discovery
Learning
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : Gambar-gambar tentang
ineraksi manusia dengan lingkungan
2.
Alat/Bahan : LCD, Laptop, PPT
a.
Sumber Belajar : Buku IPS SMP (Buku guru dan buku siswa) kelas VII
Kemdikbud RI
b.
Sumber lain yang relevan
c.
Lingkungan sekitar
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
|
PENDAHULUAN
|
1.
Memberi salam,
doa dan memeriksa kehadiran, memotivasi siswa,
2.
Bertanya tentang
materi sebelumnya
3.
Apersepsi :
4.
Guru menyajikan
gambar tentang aktivitas manusia terhadap lingkungan
5.
Menyampaikan
topik dan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
|
INTI
|
1)
Guru membimbing
peserta didik dalam membuat kelompok dan setiap kelompok diberi LKS
2)
Guru menjelaskan
materi secara garis besar tentang materi ineraksi manusia dengan lingkungan
A.
Mengamati
3)
Tiap-tiap
kelompok mengamati gambar aktivitas manusia yang berhubungan dengan
lingkungan alam
4)
Tiap-tiap
kelompok mengerjakan LKS dengan diskusi kelompok berdasarkan hasil pengamatan
tentang interaksi manusia dengan lingkungan
B.
Menanya
·
Tiap-tiap
kelompok menanyakan atau mempertanyakan dari hasil mengamati dan diskusi
tentang aktivitas manusia yang berhubungan dengan lingkungan alam
C.
Mengumpulkan
data
·
Tiap-tiap
kelompok membaca buku teks pelajaran,
Mengerjakan LKS dengan diskusi kelompok berdasarkan hasil pengamatan
tentang interaksi manusia dengan lingkungan
D.
Mengasosiasi
·
Tiap-tiap
kelompok melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisa hasil
diskusinya.
E.
Mengkomunikasikan
·
Tiap-tiap
kelompok mempresentasikan hasil analisis data didepan kelas yang diwakili
oleh salah satu anggota kelompok masing-masing , anggota kelompok yang
lain member tanggapan
|
30 menit
|
|
PENUTUP
|
Kesimpulan :
1.
Peserta didik
bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran sehingga peserta didik
dapat memaknai arti penting memelihara ciptaan Tuhan YME demi kelangsungan
hidup seluruh mahluk
2.
Melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3.
Memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
4.
Memajangkan
hasil karya siswa
5.
Diadakan tes
tulis terhadap peserta didik
6.
Memberikan tugas
individu di luar kelas untuk mengadakan observasi dan pengamatan kondisi
lingkungan disekitar tempat tinggal peserta didik
7.
Doa tutup
|
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
ReplyDeleteKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.