Search This Blog

Wednesday 13 July 2016

RPP IPS KELAS VII SEMESTER 2 MODEL STAD KUR13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan        : SMP .........................
Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/semester    : VII/ Dua (2)
Tema                                 : 3.  Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya     Alam 
Sub-Tema                        : 3. C. Kegiatan Ekonomi dan Potensi Sumder  Daya Alam
Sub-Sub tema     : 3. C.  2. Pemanfaatan Sumber Daya  Alam     
                                                      d.  Aktivitas  Perikanan
Alokasi Waktu      : 1 x 45  menit


A.   KOMPETENSI  INTI          
KI
1.     
:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;
KI
2.     
:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberdayaan;
KI
3.     
:
Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
KI
4.     
:
Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (Menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.   KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

No.
K I
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.3  
Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya

2
2.2
Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan kritis terhadap permasalahan sosial sederhana.

3
3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
3.1.1

3.1.2
Mendeskripsikan aktivitas perikanan;
Mengidentifikasi hasil-hasil perikanan darat dan perikanan laut.










3.4
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.4.1

Mendeskripsikan  manfaat ikan bagi kehidupan manusia.
4
4.3
Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
4.3.1

4.3.2
Mempresentasika hasil diskusi tentang aktivitas perikanan;
Mempresentasikan hasil diskusi tentang manfaat ikan bagi kehidupan manusia



C.   TUJUAN  PEMBELAJARAN
1.
Melalui pengamatan gambar peserta didik dapat mendeskripsikan aktivitas perikanan;
 2.
Melalui kegiatan membaca peserta didik dapat mengindentifikasi hasil-hasil perikanan darat dan laut
3.
Melalui diskusi peserta didik dapat mendeskripsikan manfaat perikanan.

D.   MATERI   PEMBELAJARAN
1.    Pengertian Aktivitas Perikanan;
2.    Macam-macam aktivitas perikanan laut;
3.    Macam-macam aktivitas perikanan darat;
4.    Hasil perikanan darat;
5.    Hasil perikanan laut;
6.    Manfaat aktivitas perikanan bagi kehidupan manusia.

E.   METODE PEMBELAJARAN
1.   Pendekatan
:
Saintifik  (scientific)
2.   Model Pembelajaran
:
Pembelajaran kooperatif (cooperative learning)
3.   Metode
:
Ceramah, Diskusi, Tanya-jawab
4.   Teknik
:
STAD (student Teams-achievement Divisions)

F.    MEDIA, ALAT dan SUMBER BELAJAR
1.    Media Pembelajaran :
a.    Gambar aktivitas pengambilan ikan di laut;
b.    Gambar aktivitas pengambilan ikan di darat;
c.    Gambar jenis-jenis ikan;
d.    Gambar kegiatan di pasar ikan;
e.    Internet
2.    Alat / Bahan Pembelajaran :
a.    Laptop-viewer;
b.    Whiteboard-boardmaker;
c.    Lembar Kerja Siswa (LKS).
3.    Sumber Pembelajaran:
a.    Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs kelas VII;
b.    Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia 2014. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs kelas VII;





G.   LANGKAH-LANGKAH  KEGIATAN  PEMBELAJARAN

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI  WAKTU (menit)
Pendahuluan
a.    Persiapan psikis dan fisik dengan membuka pelajaran mengucapkan salam dan berdoa bersama (menghayati ajaran agama)
b.    Menginformasikan tujuan yang ingin dicapai selama pembelajaran (rasa ingin tahu)
c.    Guru menyampaikan secara singkat garis besar materi yang akan disajikan selama pembelajaran
d.    Memeriksa motivasi peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran
10’
Inti
Guru membagi kelompok menjadi 8 kelompok ( kelompok 1 s.d kelompok 8 masing-masing beranggotakan 5 orang )

25
1.    Peserta didik mengamati penayangan gambar/foto aktivitas perikanan. Peserta didik diarahkan untuk mencatat hal-hal yang mereka amati
2.    Peserta didik bertanya atau mempertanyakan tentang hal-hal penting sesuai hasil pengamatannya kemudian merumuskan jawaban sementara atau mencatatnya sesuai pengamatan
3.    Guru membagikan LKS, peserta didik membuka buku dan menggali referensi, membuka catatan hasil pengamatan penayangan gambar
4.    Melalui diskusi peserta didik melakukan curah pendapat/ dialog mendalam untuk saling memahami materi pembelajaran dengan anggota kelompok kemudian mencatat hasil diskusi mengenai Pengertian Aktivitas Perikanan; Macam-macam aktivitas perikanan laut; Macam-macam aktivitas perikanan darat; Hasil perikanan darat; Hasil perikanan laut;
5.    Manfaat ikan bagi kehidupan manusia.
6.    Peserta didik memaparkan hasil diskusi di depan kelas yang diwakili oleh salah seorang anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan
7.    Siswa menyampaikan laporan hasil simpulan dalam bentuk LKS
Penutup
a.    Kesimpulan
Guru bersama peserta didik  membuat kesimpulan materi pembelajaran untuk memantapkan pemahaman peserta didik

b.    Evaluasi
test lisan

c.    Refleksi
memberi pertanyan :
Ø Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
Ø Bagaimana sikap kita dalam memanfaatkan sumber daya alam perikanan?

d.    Menutup pembelajaran
Ø  memberikan PR tentang sumber daya alam pertambangan
Ø  membaca doa dan salam

10’
Jumlah
45 ‘



SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..

DOWNLOAD

1. Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2. Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3. Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA FIRE.
4. Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.

 

0 comments:

Post a Comment