RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PEER TEACHING
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Kuningan
Kelas/Semester :
VII/2
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema : Dinamika
Interaksi Manusia
Sub Tema :
Hasil Kebudayaan Masyarakat Indonesia
pada Masa Lalu
Sub-sub Tema :
Hasil Kebudayaan Masyarakat Indonesia
pada Masa Islam
Alokasi Waktu :
1 x 45 Menit
Pertemuan Ke- : 1 ( satu )
A.
KOMPETENSI
INTI
1)
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya;
2)
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan nstru dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya;
3)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
nstrument)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata;
4)
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar (KD)
1.3 MenghargaikaruniaTuhan
YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya;
2.3 Menunjukkanperilaku santun,
peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya;
3.4 Memahami pengertian
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, danekonomi;
Indikator:
·
Menjelaskan hasil kebudayaan masyarakat
Indonesia pada masa Islam yang berbentuk bangunan;
·
Menjelaskan hasil kebudayaan masyarakat
Indonesia pada masa Islam yang berbentuk karya seni;
·
Menjelaskan hasil kebudayaan masyarakat
Indonesia pada masa Islam yang berbentuk adat istiadat.
4.3 Mengobservasi dan
menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, danekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
Indikator:
·
Mengolah hasil pengamatan dan identifikasi
dalam bentuk laporan tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa
Islam;
·
Mempresentasikan hasil olahan telaah tentang hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui kegiatan
pengamatan dan diskusi, peserta didik
dapat :
1.
Mengidentifikasi hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam dalam bentuk bangunan, seni,
dan adat istiadat;
2.
Menjelaskan hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam yang berbentuk bangunan;
3.
Menjelaskan hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam yang berbentuk karya seni;
4.
Menjelaskan hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam yang berbentuk adat istiadat;
5.
Mengolah hasil pengamatan dan identifikasi
dalam bentuk laporan tentang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa
Islam;
6.
Mempresentasikan hasil olahan telaah tentang hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
Hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada
masa Islam berbentuk :
a.
Bangunan;
b.
Karya seni;
c.
Adat istiadat.
E.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Model :
Problem Based Learning
3.
Metode : Ceramah,
Tanya Jawab, dan Diskusi
4.
Teknik :
STAD
F.
MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER
BELAJAR
1.
Media :
·
Power Point tentang hasil kebudayaan
masyarakat Indonesia pada masa Islam;
·
Vidio/gambar tentang hasil kebudayaan
masyarakat Indonesia pada masa Islam;
·
Kartu Pembelajaran tentang hasil kebudayaan
masyarakat Indonesia pada masa Islam.
2.
Alat/Bahan :
·
Laptop
·
LCD Projector
3.
Sumber Belajar :
·
Suciati, dkk. Cetakan Ke-2.2014. Buku
Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII.Jakarta:Kemendikbud RI (halaman 174-176).
·
Lingkungan alam dan sosial di
lingkungan tempat tinggal.
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1. Persiapan fisik dan mental:
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam,
berdoa bersama, dan mengecek
kehadiran peserta didik.
2. Membaca sholawat atas Nabi SAW.
3. Melakukan tanya jawab tentang adat
istiadat yang bernuansa Islam yang ada di lingkungan tempat tinggal.
4. Menjelaskan tujuan pembelajaran
dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari, yaitu penguasaan konsep hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam.
|
7 menit
|
Inti |
Pelaksanaan
Pendekatan scientific:
a.
Orientasi peserta didik pada permasalahan;
b.
Pengamatan/observing: Menayangkan gambar dan vidio singkat tentang hasil kebudayaan
Islam;
c.
Bertanya/Questioning: memberikan
kesempatan pada siswa bertanya tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati;
d.
Membagi siswa ke dalam 6 kelompok terdiri dari 5 orang (guru
berkeliling memberikan bimbingan kelompok);
e.
Mengumpulkan
informasi : menjawab pertanyaan yang ada dalam kartu permasalahan 1, 2,3,
serta mencatat semua informasi tentang pudar/hilangnya kebudayaan Islam di
lingkungan sekitar;
f.
Mengasosiasikan/mengolah
informasi tentang hasil kebudayaan
Islam yang hampir punah di lingkungan tempat tinggal untuk menjawab kartu
permasalahan;
g.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya/
mengkomunikasikan: presentasi, menyampaikan hasil pengamatan dan
penyusunan data dari hasil kerja kelompok tentang pudar/hilangnya kebudayaan
Islam di lingkungan sekitar;
h.
Menganalisa dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah
|
26 menit
|
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
0 comments:
Post a Comment