RPP
Sekolah : SMP
NEGERI 1 TAMANSARI KAB. BOGOR
Matapelajaran : IPS
Kelas/Semester : V11 / GENAP
Tema : 4.
Dinamika Interaksi Manusia
Sub. Tema : C. Interaksi Manusia dengan lingkungan Alam, Sosial, budaya dan ekonomi
Sub. Sub. Tema :
C.4. Interaksi manusia dengan Lingkungan ekonomi
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
||
1.3
|
Menghargai
karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
|
||
2.3
|
Menunjukan
perilaku peduli, santun dan menghargai
perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
||
3.4
|
Memahami pengertian dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam, sosial,budaya dan ekonomi.
|
3.4.1
3.4.2
|
Menjelaskan alasan
manusia berinteraksi dengan lingkungan ekonomi
Menyebutkan contoh- contoh interaksi manusia dengan lingkungan ekonomi
|
4.3
|
Mengobservasi
dan menyajikan bentuk- bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
4.3.1
|
Menampilkan
gambar interaksi manusia dalam lingkungan ekonomi
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
diskusi kelompok siswa dapat :
1.
Menjelaskan alasan manusia berinteraksi dengan lingkungan
ekonomi
2.
Menyebutkan
contoh- contoh interaksi manusia dengan lingkungan ekonomi
3.
Melalui penugasan
siswa dapat menyajikan gambar interaksi
manusia dalam lingkungan ekonomi
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Interaksi
manusia dengan lingkungan ekonomi
2.
Factor
pendorong manusia berinteraksi dengan lingkungan ekonomi
3.
Contoh interaksi
manusia dengan lingkungan ekonomi
(kegiatan ekonomi)
E Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a. Pendekatan
: saintifik
b. Model Pembelajaran kooperatif
c. Metode
Pembelajaran : diskusi
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
- Media Pembelajaran : laptop dan infocus
- Alat Pembelajaran :
gambar- gambar
- Sumber Pembelajaran : Buku
Lingkungan
sekitar / masyarakat
G. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (
10 menit )
a. Salam, doa, dan memeriksa kehadiran peserta
b. Apersepsi dan motivasi
Guru bersama
siswa menyanyikan lagu Pelangi atau Naik ke Puncak gunung untuk mengingatkan
materi interaksi dengan lingkungan dan dikaitkan dengan aktivitas ekonomi .
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti ( 25 menit )
1. Mengamati
-
Pembentukan kelompok terdiri dari 4 – 5
orang
-
Peserta didik mangamati gambar yang berhubungan
dengan aktivitas ekonomi
1.
Menanya
-
Melalui kelompoknya , Peserta didik
menanyakan hal- hal yang berhubungan dengan aktivitas ekonomi
-
Guru membagikan kartu soal untuk
didiskusikan olek kelompok
2. Mengumpulkan data / Informasi
-
Peserta didik membaca buku teks pelajaran
tentang interaksi manusia dengan lingkungan ekonomi
3. Mengasosiasi
-
Peserta didik mendiskusikan / menganalisis
interaksi manusia dengan lingkungan ekonomi dengan menggunakan pengetahuan
sendiri dan buku sumber
-
Tiap anggota kelompok mendiskusikan masalah
yang berbeda
·
Anggota
Ke 1 : mendiskusikan Mengapa manusia melakukan
kegiatan usaha / kegiatan ekonomi?
·
Anggota ke 2 : Kegiatan ekonomi/ usaha apa yang dilakukan masyarakat ?
·
Anggota ke 3 : Kegiatan
ekonomi masyarakat dilakukan dengan cara memanfaatkan sumberdaya
ekonomi yang tersedia. apa yang dimaksud
sumberdaya ekonomi ? sebutkan
contoh sumberdaya ekonomi
·
Anggota ke 4 : Faktor apa saja yang dapat mendukung kegiatan
ekonomi ?
·
Anggota ke 5 : Kegiatan ekonomi apa yang dilakukan
orangtuamu atau tetanggamu ?
4.
mengkomunikasikan
-
Salah satu kelompok mempresentasikan hasil analisis
kelompok , kelompok lain memberi tanggapan
Penutup ( 10 menit )
1.
Kesimpulan
Peserta didik bersama guru membuat
kesimpulan hasil pembelajaran
2.
Evaluasi
: Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang sub tema
3.
Refleksi
a.
Peserta didik diminta menjawab pertanyaan :
“apakah pembelajaran hari
ini menyenangkan ?”
b.
Hal-hal apa saja yang kalian pelajari hari
ini ?
c.
Guru memberitahukan tugas yang akan datang
untuk mencari gambar – gambar yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi .
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
0 comments:
Post a Comment