RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Limbangan - GarutMata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)Tema : 3. Potensi dan Pemanfaatan Sumber Daya AlamSub Tema : C. Kegiatan Ekonomi dan Pemanfaatan Potensi Sumber Daya AlamSub-sub Tema : 1. Kegiatan EkonomiKelas/Semester : VII/1Alokasi Waktu : 45 menitA. KOMPETENSI INTI :1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR: C. INDIKATOR 1.1. Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya 2.3 Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya 3.1. Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik) Membuat laporan mengenai kegiatan ekonomi yang ada di sekitar tempat tinggal peserta didik berikut permasalahannya 4.2 Menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar Mempraktekan gagasan kreatif yang muncul untuk memecahkan permasalahan kegiatan ekonomiE. TUJUAN PEMBELAJARAN :Tujuan pembelajaran pada tema 3 sub C.1 ini ialah peserta didik mampu:1. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik2. Mengidentifikasi permasalahan-permasalahan dalam aktivitas kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik3. Menganalisis permasalahan pokok dalam aktivitas kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik4. Mengobservasi bentuk-bentuk kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik5. Mengobservasi permasalahan-permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik6. Membuat rencana tindakan untuk menanggulangi permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik7. Mempresentasikan data hasil observasi kegiatan ekonomiF. MATERI AJAR1. Kegiatan Ekonomia. Produksib. Distribusic. KonsumsiG. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN:1. Pendekatan : Saintifik2. Model : Project Based Learning (tahap Persiapan)H. MEDIA/ALAT DAN SUMBER BELAJAR :Media/Alat : Komputer/laptop, LCD, Power Point, InternetBahan/sumber ajar :LKS, Buku siswa , soal-soal latihan, makalah, buku guruI. KEGIATAN PEMBELAJARAN :1. Pendahuluan : (10 menit)a. Salam, doa dan memeriksa kehadiran peserta didikb. Apersepsi :Guru mengajak peserta didik untuk memperhatikan kegiatan penduduk dalam melaksanakan kegiatan ekonomic. Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran2. Kegiatan Inti : (30)a. Peserta didik mengamati fenomena yang berupa gambar/foto mengenai kegiatan ekonomib. peserta didik membentuk kelompok mnjadi 8 kelompok disesuaikan dengan kedekatan tempat tinggalc. Guru menjelaskan secara singkat materi kegiatan ekonomi, dilanjutkan dengan menjelaskan tugas proyek yang harus dilaksanakan peserta didik berikut langkah-langkah pengerjaannyad. Masing-masing kelompok berdiskusi untuk memilih objek kegiatan ekonomi yang akan diobservasie. Masing-masing kelompok membuat jadwal pelaksanaan proyek, rancangan tahap pelaksanaan proyek dan teknik penyelesaian produkf. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja secara bergiliran di depan kelas3. Penutup : (5 menit)a. Bersama siswa membuat kesimpulanb. Refleksic. Penugasan : Melanjutkan proyek ke tahap pelaksanaan dan pembuatan laporan
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
0 comments:
Post a Comment