RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMPN 5 SUMEDANG .
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Tema :
Dinamika Interaksi Manusia
Sub Tema : - Hasil Kebudayaan Masyarakat Pada Masa Lalu
Sub-Sub Tema : - Hasil Kebudayaan Masyarakat Indonesia pada
Masa Pra
Aksara
Alokasi Waktu : 1 x 45
Menit
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya .
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1.3
Menghargai karunia Tuhan
YME yang telah menciptakan
manusia dengan lingkungannya
|
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku santun,toleransi,dan peduli dalam
interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
|
|
|
3.4 Memahami pengertian
dinamika interaksi manusia
dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan
ekonomi.
|
3.4.1 Menjelaskan hasil kebudayaan
masyarakat Indonesia pada masa
pra
aksara
3.4.2 Memberikan contoh hasil
kebudayaan pada masa pra aksara
|
4
|
4.3 Mengobservasi dan menyajiakan bentuk-bentuk dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam,sosial,budaya,dan ekonomi di
lingkungan masyarakat sekitar
|
4.3.1
Melaporkan hasil analisis
dan diskusi tentang hasil
kebudayaan pada masa pra aksara
|
C.Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi tujuan yang ingin dicapai
pada pembelajaran ini adalah :
- Menjelaskan hasil kebudayaan masyarakat
Indonesia pada masa pra aksara
D.Materi Pembelajaran
Hasil
kebudayaan Masyarakat Indonesia pada masa Pra Aksara
E.Metode Pembelajaran
1. Pendekatan pembelajaran yang digunakan : Saintifik
2. Metode pembelajaran : - Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
3. Model pembelajaran :
Cooverative Learning
F.Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
·
Power point tentang hasil
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa pra aksara.
·
Gambar tentang hasil kebudayaan
masyarakat Indonesia pada masa pra aksara
·
Peta Indonesia
·
Lembar kerja peserta didik
2.
Alat
dan bahan:
·
LCD ,Lap Top
3. Sumber pembelajaran
● Suciati,
dkk.2014. Buku Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Kemendikbud RI
(halaman 211 – 214 )
●
Lingkungan sekitar
G.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.Pendahuluan ( 5 menit
)
1. Salam, doa,dan memeriksa kehadiran
peserta didik.
2. Apersepsi :
- Mengajak peserta didik untuk
memperhatikan benda-benda yang terdapat
disekitar kelasnya untuk kemudian
menghubungkan dengan hasil budaya pada
masa lalu
3. Menyampaikan topik dan tujuan
pembelajaran
b. Kegiatan Inti ( 30 menit)
1. Mengamati
- Peserta didik mengamati
gambar-gambar tentang peninggalan zaman pra aksara
2.Menanya : Bagaimana cara menggunakan alat-alat
tersebut?Berdasarkan
pertanyaan yang
teridentifikasi ,peserta menentukan sejumlah pertanyaan
pokok sebagai jawaban
sementara.Pada saat yang sama guru mengarahkan
pada pertanyaan-pertanyaan kepencapaian kompetensi
dasar
3.Mengumpulkan data:
- Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi lain yang relevan tentang
hasil kebudayaan pada masa pra aksara
-
Peserta didik mencari informasi dari internet
tentang hasil kebudayaan pada
masa pra aksara
4. Mengasosiasi
- Peserta
didik melakukan kegiatan curah pendapat
untuk menganalisis hasil
kebudayaan pada masa pra aksara
-
Peserta didik
merumuskan simpulan simpulan dari hasil
curah pendapat tentang hasil kebudayaan pada masa pra aksara
5.Mengomunikasikan
- Peserta
didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili
oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, dan anggota kelompok
lain
memberikan tanggapan
-
Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media di media :
majalah dinding kelas
c.Kegiatan Penutup ( 10 menit )
·
Kesimpulan :
Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan hasil pembelajaran
·
Evaluasi :
-
Tulislah hasil
kebudayaan pada masa hindu budha
·
Refleksi :
-
Peserta didik diminta
menjawab pertanyaan reflektif : Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan ?
-
Pengetahuan apa yang
baru/berharga yang kamu peroleh pada pembelajaran kita hari ini ? Bagaimana
sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga/baru ( jawaban
ditulis dibuku catatan peserta didik
●
Menyampaikan materi yang akan datang
SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK LINK DOWNLOAD DI BAWAH INI..
1.
Silahkan klik link download yang tersedia! Anda akan masuk ke link adfly!
2.
Kemudian lihat di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan
"skipp ad atau lewati" biasanya sampai 5 detik saja
3.
Setelah muncul klik "skip ad atau lewati" anda akan di bawa ke MEDIA
FIRE.
4.
Kemudian klik link unduh/download dalam kotak yang berwarna hijau.
0 comments:
Post a Comment