Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 22 Februari 2011

Pengertian Pengelolaan atau Manajemen Kelas


Manajemen atau pengelolaan kelas diartikan sebagai proses penggunaansumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Sednagkan kelas diartikan secara umum sebagai sekelompok siswa yang ada pada waktu yang sama untuk menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula. Dengan demikian, manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Manajemen kelas juga diartikan sebagai usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis. Usaha sadar itu mengarah pada penyiapan bahan belajar, penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi atau kondisi proses belajar mengajar dan pengaturan waktu sehingga pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai. (Dirjen POUD dan Dirjen Dikdasmen, 1996).
Menurut Dirjen Dikdasmen, tujuan manajemen kelas adalah:
·         Mewujudakan situasi dan kondisi kelas.
·         Menghilangakn berbagai hambatan yang dapat mengahalangi terwujudnya interaksi pembelajaran.
·         Menyediakan dan mengatur fasilitas serta  perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional dan intelektual siswa dalam kelas.
·         Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya.
Konsep dasar yang perlu diperhatikan dalam manajemen kelas adalah penempatan individu, kelompok, sekolah dan faktor lingkungan yang mempengaruhinya.
Untuk itu tugas terpenting seorang guru adalah memanajemen, mengorganisir dan mengkoordinasikan segala aktivitas peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Mengelola kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki guru terutama dalam hal memutuskan, memahami, mendianosis, dan kemampuan untuk menentukan sikap dalam usaha memperbaiki suasana kelas terhadap aspek-aspek manajemen kelas. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan tersebut, antara lain:
·         Sifat kelas.
·         Pendorong kekuatan kelas.
·         Situasi kelas.
·         Tindakan selektif dan kreatif.
·         Kegiatan Pengelolaan Kelas
·         Kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam manajemen kelas sebagai aspek-aspek yang tertuang dalam petunjuk pengelolaan kelas adalah:
·         Mengecek kehadiran siswa.
·         Mengumpulkana hasil pekerjaan siswa, memeriksa dan  menilainya.
·         Pendistribusian bahan dan alat.
·         Mengumpulkan informasi dari siswa.
·         Mencatat data.
·         Pemeliharaan arsip.
·         Menyampaikan materi pelajaran.
·         Memberikan tugas atau PR.
Hal yang perlu diperhatikan bagi guru baru dalam pertemuan pertamanya di kelas dengan siswa menurut Dirjen PUOD  dan Dirjen Dikdasmen (1996:13) adalah:
·         Ketika bertemu dengan siswa guru harus bersikap tenag dan percaya diri, tidak menunjukkan rasa cemas, memberikan salam kemudian memperkenalkan diri, dan memberikan format isian tentang data pribadi siswa.
·         Guru memberikan tugas kepada siswa dengan tertib dan lancar.
·         Mengatur tempat duduk siswa dengan tertib.
·         Menentukan tata cara berbicara dan tanya jawab.
·         Bertindak disiplin baik terhadap siswa maupun terhadap diri sendiri.

1 komentar: